BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan pesatnya kemajuan tekhnologi pada saat ini,
menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat
keterkaitan antara kemajuan tekhnologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia.
Secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya
tekhnologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti
program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa,
pelajar, dan lain sebagainya.
Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah
Microsoft Excel yang merupakna program aplikasi speadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer
dan paling banyak digunakna saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal
menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam
bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk
Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi.
Dengan alasan tersebut, kami menyusun Karya Tulis
Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.
Dengan demikian pembaca dapat menggunakna Karya Tulis ini sebagai tuntutan
dalam mempelajari Microsoft Excel.
1.2 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang akan dicapai dalam Penyusunan
Karya Tulis ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui tentang sejarah Microsoft Excel
2.
Untuk mengetahui pengertian Microsoft Excel
3.
Untuk mengetahui dan mempelajari langkah-langkah
penggunaan Microsoft Excel
4.
Untuk mengetahui jenis-jenis rumus fungsi dalam
Microsoft Excel.
1.3 Rumusan Masalah
Adapun masalah-masalah yang akan dibahas dalam Karya
Tulis ini adalah sebagai berikut:
1.
Darimana Sejarah Microsoft Excel?
2.
Apa yang dimaksud dengan Microsoft Excel?
3.
Apa saja langkah-langkah dalam menjalankan Microsoft
Excel?
4.
Apa saja jenis-jenis rumus fungsi dalam Microsoft Excel?
BAB II
PEMBAHASAN
MICROSOFT EXCEL
2.1 Sejarah Microsoft Excel
Pada
tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet
yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya,
yakni Lotus 1-2-3. Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh
pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987.
Pada
awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang
bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat
lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri
tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua
rilis pers dan dokumen Microsoft.
Meskipun
demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli
Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama
Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan
huruf XL sebagai singkatan untuk
program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh
program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa
gaya penulisan).
Sejak tahun
1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan
Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan
fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF)
untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan
Microsoft menambahkan sebuah integrated development
environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer
untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat
merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga
mampu melakukan automatisasi beberapa tugas.
2.2 Pengertian Microsoft Excel
Pengertian
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan
dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para
akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam
perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel
juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat
keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap
bulan atau minggu.
Microsoft Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar
kerja spreadsheet
yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac
OS.
Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan
menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan
Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di
dalam komputer
mikro
hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet
paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac
OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.
2.3 Mengenal Microsoft Excel
Microsoft
excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam
pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan
untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan
atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering
digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam
rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau
minggu.
Jadi, jelaslah
bahwa program ini dapat anda gunakan untuk hal-hal berikut ini:
1.
Untuk menghitung angka dan barisan-barisan
angka baik mendatar maupun menurun
2.
Mengolah data-data yang berupa angka-angka
maupun data-data yang berupa logika
3.
Menghitung variabel-variabel statistika, baik
yang menggunakan rumus baku (standar) maupun dengan rumus-rumus manual
4.
Mengelola suatu data sedemikian rupa sehingga
untuk menghasilkan suatu informasi
5.
Sarana pembuat hiperlink untuk pengaksesan ke internet
6.
Membuat grafik, diagram, dan berbagai macam
tampilan dan secara visual dan menarik.
2.4 Langkah-langkah Menjalankan Microsoft Excel
2.4.1 Cara Membuka/Memulai Aplikasi Microsoft
Excel
Untuk
masuk kedalam program Microsoft Excel, yang anda lakukan pertama-tama adalah:
1.
Klik tombol start
2.
Pilih All Program
3.
Pilih Microsoft Excel
Maka akan tampil kotak dialog seperti dibawah ini:
|
|
|
|
|
|
|
Dari gambar diatas,
maka akan dijelaskan lebih terinci tentang gambar tersebut agar mudah untuk dipahami dan
mudah untuk dimengerti:
1.
Minimize
Icon Minimize
ini digunakan untuk menutup sementara Microsoft Excel.
2.
Restore
Digunakn untuk
menampilkan Microsoft Excel dari ukuran penuh keukuran yang lebih kecil pada
layar.
3.
Close
Icon close ini
digunakan untuk menutup jendela Microsoft Excel secara permanen.
4.
Paste
Icon paste
tersebut digunakan untuk menampilkan data yang sudah dicopy.
5.
Worksheet (lembar kerja baru)
Worksheet ini digunakan
untuk menulis lembar kerja baru yang akan ditulis.
2.4.2 Menutup Microsoft Excel
Ada beberapa
cara menutup Microsoft Excel yaitu ada tiga cara diantaranya adalah sebagai
berikut:
1.
Cara pertama
Klik
tombol close (x) yang terdapat di sudut atas sebelah kanan jendela. Jangan
sampai salah klik, klik yang ada gambar (x). Dengan demikian maka program
Microsoft Excel maka akan secara otomatis tertutup.
2.
Cara kedua
Untuk
menutup lembar kerja Microsoft Excel lebih mudah dan lebih singkat yaitu dengan
cara telan tombol Alt pada keyboard
dan F4 secara bersamaan maka akan
segera tertutup jendela Microsoft Excel tersebut.
3.
Cara ketiga
Klik
file kemudian pilih exit, kemudian akan secara otomatis lembar kerja anda pada
Microsoft Excel akan tertutup permanen.
Jika
sebelumnya ada dokumen dilayar yang belum tersimpan, Microsoft Excel ak
menanyakan apakah dokumen tersebut ingin disimpan atau tidak. Klik Yes jika ingin menyimpan, klik No jika tidak ingin menyimpan data tersebut, klik
Cancel jika ingin membatalkan dan
kembali ke lembar kerja. Seperti gambar dibawah ini.
2.5 Jenis-jenis Fungsi Dalam Statistik
2.5.1 Fungsi Statistik
Ada beberapa fungsi
dalam Microsoft Excel diantaranya adalah sebagai berikut:
=
SUM
|
:
|
Berfungsi
untuk menjumlahkan semua sel
|
=
MIN
|
:
|
Berfungsi
untuk mencari angka terendah
|
=
MAX
|
:
|
Berfungsi
untuk mencari angka tertinggi
|
=
AVERAGE
|
:
|
Berfungsi
untuk mencari nilai rata-rata
|
=
COUNT
|
:
|
Berfungsi
untuk menghitung jumlah sel yang berisi data.
|
2.5.2
Fungsi Logika
Fungsi logika
adalah fungsi-fungsi yang digunakan pada operasi logika. Operasi logika adalah
mengoperasikan satu atau lebih nilai dengan menggunakan fungsi logika. Ada
beberapa fungsi logika yang sering digunakan dalam mengoperasikan Microsoft Excel
diantaranya adalah sebagai berikut:
1.
And output akan menghasilkn True jika kedua
nilai inputan sama
2.
Or output akan menghasilkan True jika salah
satu inputan bernilai True
3.
Not output akna menghasilkan nilai
kebalikan dari nilai inputan
4.
If output akan menghasilkan nilai true
jika ditemukan kondisi yang sesuai.
2.5.3 Fungsi Waktu
Untuk semakin
mempermudah penggunanya, Microsoft Excel juga memiliki fungsi untuk format waktu. Yang perlu diperhatikan disini
adalah format waktu mengikuti lokasi Time
Zone. Beberapa fungsi untuk format waktu yang sering digunakan sebagai
berikut:
1.
Date menghasilkan nilai tanggal/bulan/tahun
2.
Time menghasilkan nilai jam:menit: detik
3.
Now menghasilkan waktu hari ini (tanggal/ bulan/tahun/
jam:menit: detik)
4.
Today menghasilkan tanggal hari ini
(tanggal/bulan/tahun).
2.6 Mencetak
Lembar Kerja
Untuk mencetak
lembar kerja, maka yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
1.
Klik menu File
2.
Kemudian pilih Print
3.
Klik salah satu pilihan pada Printer Name
4.
Klik salah satu pilihan pada Print Range (All, Page)
5.
Klik salah satu pilihan pada area Print What (Selection,
Active sheet, entire workbook)
6.
Klik
Ok
2.7 Mengubah Ukuran Kertas
Untuk mengubah
ukuran kertas, maka dapat dilakukan dengan lngkah-langkah berikut:
1.
Klik menu File
2.
Klik Page
Setup
3.
Klik salah satu pilihan pada areanya Orientation, kemudian atur Scalling
4.
Klik salah satu Page
Size, misal dipilih kertas ukuran A4
5.
Kemudian Klik Ok.
2.8 Penggunaan Format Tabel Dan Cell
Microsoft Excel menyediakan
fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna
border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini ,
kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell
sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft
Excel. Seperti contohnya pada Gambar dibawah ini. menggunakan format tabel dan
cell sendiri dengan cara:
Untuk
membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini
mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border
seperti pada tampilan dibawah ini.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Jadi, kesimpulan dari penyusunan karya tulis ini
yaitu mengupas tentnag bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai
dengan harapan. Dengan demikian, sedikit banyak karya tulis ini dapat membantu
dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan-pertanyaan
yang berhubungan dengan Microsoft Excel.
3.2 Kritik dan Saran
Setelah kami menyelesaikan karya tulis ini, maka
kami berharap adanya kritik dan saran yang bersifat mendukung untuk penulis
agar dapat lebih baik dalam menyelesaikan karya tulis yang akan datang.
Diharapkan para pembaca dapat memahami dan lebih
mengetahui tentang fungsi formula dalam Microsoft Excel dengan cara membaca
buku, searching di internet maupun sharing dengan orang yang lebih
berpengalaman dari penulis.
DAFTAR PUSTAKA
Budi Permana, Microsoft
Excel, (Jakarta: Excel Media Komputindo, 2000).
Dwi Maryono, Tekhnologi Informasi dan
Komunikasi: Untuk SMA dan MA Kelas XI, (Solo: Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo, 2007).
Fauzi,
A., Johar Arifin, dan M. Farikhudin, Aplikasi
Excel Dalam Financial Terapan, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 1999).
0 komentar:
Post a Comment