BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Dengan pesatnya kemajuan tekhnologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan tekhnologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia. Secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya tekhnologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu  mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan lain sebagainya.
Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Excel yang merupakna program aplikasi speadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakna saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi.
Dengan alasan tersebut, kami menyusun Karya Tulis Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel. Dengan demikian pembaca dapat menggunakna Karya Tulis ini sebagai tuntutan dalam mempelajari Microsoft Excel.

1.2  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang akan dicapai dalam Penyusunan Karya Tulis ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui tentang sejarah Microsoft Excel
2.      Untuk mengetahui pengertian Microsoft Excel
3.      Untuk mengetahui dan mempelajari langkah-langkah penggunaan Microsoft Excel
4.      Untuk mengetahui jenis-jenis rumus fungsi dalam Microsoft Excel.

1.3  Rumusan Masalah
Adapun masalah-masalah yang akan dibahas dalam Karya Tulis ini adalah sebagai berikut:
1.      Darimana Sejarah Microsoft Excel?
2.      Apa yang dimaksud dengan Microsoft Excel?
3.      Apa saja langkah-langkah dalam menjalankan Microsoft Excel?
4.      Apa saja jenis-jenis rumus fungsi dalam Microsoft Excel?


BAB II
PEMBAHASAN
MICROSOFT EXCEL


2.1 Sejarah Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.
Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan).
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas.

2.2 Pengertian Microsoft Excel
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

2.3 Mengenal Microsoft Excel
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
Jadi, jelaslah bahwa program ini dapat anda gunakan untuk hal-hal berikut ini:
1.      Untuk menghitung angka dan barisan-barisan angka baik mendatar maupun menurun
2.      Mengolah data-data yang berupa angka-angka maupun data-data yang berupa logika
3.      Menghitung variabel-variabel statistika, baik yang menggunakan rumus baku (standar) maupun dengan rumus-rumus  manual
4.      Mengelola suatu data sedemikian rupa sehingga untuk menghasilkan suatu informasi
5.      Sarana pembuat hiperlink untuk pengaksesan  ke internet
6.      Membuat grafik, diagram, dan berbagai macam tampilan dan secara  visual dan menarik.

2.4 Langkah-langkah Menjalankan Microsoft Excel
2.4.1 Cara Membuka/Memulai Aplikasi Microsoft Excel
Untuk masuk kedalam program Microsoft Excel, yang anda lakukan pertama-tama adalah:
1.      Klik tombol start
2.      Pilih All Program
3.      Pilih Microsoft Excel
Maka akan tampil kotak dialog seperti dibawah ini:







Close 
 
Restore
 
Minimize
 
Menu Bar
 
Title Bar
 
Title Bar
 
Setelah itu, tampilan pertama yang akan anda dapatkan adalah  sebagai berikut:








































Worksheet (Lembar Kerja)
 
 










Dari gambar diatas, maka akan dijelaskan lebih terinci tentang  gambar tersebut agar mudah untuk dipahami dan mudah untuk dimengerti:
1.      Minimize
Icon Minimize ini digunakan untuk menutup sementara Microsoft Excel.
2.      Restore
Digunakn untuk menampilkan Microsoft Excel dari ukuran penuh keukuran yang lebih kecil pada layar.
3.      Close
Icon close ini digunakan untuk menutup jendela Microsoft Excel secara permanen.
4.      Paste
Icon paste tersebut digunakan untuk menampilkan data yang sudah dicopy.
5.      Worksheet (lembar kerja baru)
Worksheet ini digunakan untuk menulis lembar kerja baru yang akan ditulis.


2.4.2 Menutup Microsoft Excel
Ada beberapa cara menutup Microsoft Excel yaitu ada tiga cara diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Cara pertama
Klik tombol close (x) yang terdapat di sudut atas sebelah kanan jendela. Jangan sampai salah klik, klik yang ada gambar (x). Dengan demikian maka program Microsoft Excel maka akan secara otomatis tertutup.
2.      Cara kedua
Untuk menutup lembar kerja Microsoft Excel lebih mudah dan lebih singkat yaitu dengan cara telan tombol Alt pada keyboard dan F4 secara bersamaan maka akan segera tertutup jendela Microsoft Excel tersebut.
3.      Cara ketiga
Klik file kemudian pilih exit, kemudian akan secara otomatis lembar kerja anda pada Microsoft Excel akan tertutup permanen.
 







Jika sebelumnya ada dokumen dilayar yang belum tersimpan, Microsoft Excel ak menanyakan apakah dokumen tersebut ingin disimpan atau tidak. Klik Yes  jika ingin menyimpan, klik No  jika tidak ingin menyimpan data tersebut, klik Cancel jika ingin membatalkan dan kembali ke lembar kerja. Seperti gambar dibawah ini.


2.5 Jenis-jenis Fungsi Dalam Statistik
2.5.1 Fungsi Statistik
Ada beberapa fungsi dalam Microsoft Excel diantaranya adalah sebagai berikut:
= SUM
:
Berfungsi untuk menjumlahkan semua sel
= MIN
:
Berfungsi untuk mencari angka terendah
= MAX
:
Berfungsi untuk mencari angka tertinggi
= AVERAGE
:
Berfungsi untuk mencari nilai rata-rata
= COUNT
:
Berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi data.
2.5.2 Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi-fungsi yang digunakan pada operasi logika. Operasi logika adalah mengoperasikan satu atau lebih nilai dengan menggunakan fungsi logika. Ada beberapa fungsi logika yang sering digunakan dalam mengoperasikan Microsoft Excel diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      And output akan menghasilkn True jika kedua nilai inputan sama
2.      Or output akan menghasilkan True jika salah satu inputan bernilai True
3.      Not output akna menghasilkan nilai kebalikan dari nilai inputan
4.      If output akan menghasilkan nilai true jika ditemukan kondisi yang sesuai.

2.5.3 Fungsi Waktu
Untuk semakin mempermudah penggunanya, Microsoft Excel juga memiliki fungsi untuk  format waktu. Yang perlu diperhatikan disini adalah format waktu mengikuti lokasi Time Zone. Beberapa fungsi untuk format waktu yang sering digunakan sebagai berikut:
1.      Date menghasilkan nilai tanggal/bulan/tahun
2.      Time menghasilkan nilai jam:menit: detik
3.      Now menghasilkan waktu hari ini (tanggal/ bulan/tahun/ jam:menit: detik)
4.      Today menghasilkan tanggal hari ini (tanggal/bulan/tahun).
2.6  Mencetak Lembar Kerja
Untuk mencetak lembar kerja, maka yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
1.      Klik menu File
2.      Kemudian pilih Print
3.      Klik salah satu pilihan pada Printer Name
4.      Klik salah satu pilihan pada Print Range (All, Page)
5.      Klik salah satu pilihan pada area Print What  (Selection, Active sheet, entire workbook)
6.      Klik Ok







2.7 Mengubah Ukuran Kertas
Untuk mengubah ukuran kertas, maka dapat dilakukan  dengan lngkah-langkah berikut:
1.      Klik menu File
2.      Klik Page Setup
3.      Klik salah satu pilihan pada areanya Orientation, kemudian atur  Scalling
4.      Klik salah satu Page Size,  misal dipilih kertas ukuran A4
5.      Kemudian Klik Ok.
2.8  Penggunaan Format Tabel Dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar dibawah ini. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara:





Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjU5PoALjgI_dU1eTjPvvMemh-Ot4sJqMJIag8OOEDjrTvFzSoGF3EOIDijprHS5VbBgJqO-tZ_1z3rkFmHjFdxpdQ7tsofB0iL01HdS6Yq6MEaqMDR-ftvBQM99qEM6JszDmqiGwiBpx0/s320/GAMBAR+5.png
                                               

BAB III
PENUTUP


3.1  Kesimpulan
Jadi, kesimpulan dari penyusunan karya tulis ini yaitu mengupas tentnag bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan demikian, sedikit banyak karya tulis ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel.

3.2  Kritik dan Saran
Setelah kami menyelesaikan karya tulis ini, maka kami berharap adanya kritik dan saran yang bersifat mendukung untuk penulis agar dapat lebih baik dalam menyelesaikan karya tulis yang akan datang.
Diharapkan para pembaca dapat memahami dan lebih mengetahui tentang fungsi formula dalam Microsoft Excel dengan cara membaca buku, searching di internet maupun sharing dengan orang yang lebih berpengalaman dari penulis.


DAFTAR PUSTAKA



Budi Permana, Microsoft Excel, (Jakarta: Excel Media Komputindo, 2000).
Dwi Maryono,  Tekhnologi Informasi dan Komunikasi: Untuk SMA dan MA Kelas XI, (Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo, 2007).

Fauzi, A., Johar Arifin, dan M. Farikhudin, Aplikasi Excel Dalam Financial Terapan, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 1999).

0 komentar:

 
Top