Nama                 : Ahmad Hanafi
Semester            : VI (enam)
Produk              : Wad’iah

DESAIN PRODUK PERBANKAN SYARI’AH

            Produk wadi’ah adalah salah satu produk perbankan syari’ah yang ada di Indonesia. Produk tersebut beroperasi dengan cara menitipkan. Karena arti dari wadi’ah itu sendiri adalah titipan dari nasabah kepada pihak bank. Dengan adanya produk ini, banyak nasabah atau konsumen menggunakan layanan tersebut. Karena dengan adanya titipan tersebut para nasabah merasa aman jika menitipkan barang-barangnya kepihak bank.
Ada banyak bank yang menggunakan produk ini, karena produk ini biasanya digunakan saat haji. Yaitu saat nasabah akan membuka tabungan hanji biasanya didalamnya ada akad wadi’ah (titipan) yaitu dimana nasabah akan membuka simpanan haji tersebut disalah satu bank yang ada di Indonesia ini, setiap bulan ataupun setiap hari mereka mempunyai uang jadi, mereka akan menabung dengan akad titipan atau wadi’ah tersebut. Setelah selama angsuran berakhir, maka nasabah akan hanya mendapatkan titipan saja (wadi’ah saja). Tetapi ada juga yang memberikan jasa selain titipan ada juga yang memberikan sarana seperti bonus diberikan baju ihram, payung dan lain sebagainya yang intinya memanjakan nasabahnya sewaktu di tanah suci sana.
Adapun desain-desain produk perbankan syari’ah disini yaitu,  pihak bank jangan hanya memberikan produk wadi’ah dalam bentuk simpanan atau tabungan haji saja, melainkan ada pembagian lagi seperti titipan umrah, titipan pendidikan, dan lain sebagainya. Dengan adanya produk baru yang lebih fresh maka nasabah pasti akan lebih tertarik dengan adanya kemajuan yang ada di bank tersebut. Bank akan memberikan fasilitas yang terbaik dalam titipan (wadi’ah) tersebut kepada para nasabahnya, agar nasabah menjadi lebih nyaman dalam mengikuti atau menggunakan jasa tersebut. Dengan adanya akad wadi’ah tersebut diaharapkan nasabah menjadi lebih tertarik dalam melakukan titipannya kepada pihak bank.
Setelah pihak bank mengeluarkan produk wadi’ah umrah, wadi’ah pendidikan, wadi’ah barang-barang seperti (motor, mobil dan lain sebagainya) maka bank akan memberikan fasilitas yang mana fasilitas tersebut, nasabah akan mendapatkan bonus apabila menggunakan akad wadi’ah di bank agar nasabah menjadi semangat dalam menitipkan barang-barangnya kepada bank. Bank disini berperan sebagai pemfasilitas agar para nasabah atau pelanggannya menjadi puas akan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah saat nasabah akan melakukan atau menggunakan akad wadi’ah tersebut.
Setiap bank pertahun akan memberikan mendesain produk-produk terbaru mereka agar pelanggan mereka tidak pada berpaling dari bank yang sudah mereka dirikan. Adapun produk baru biasanya di pasarkan di dalam ATM (Automatic Teller Mechine), di dalam bank dan bisanya ada juga bank memberikan brosur-brosur jasanya kepada masyarakat di pedesaan siapa saja yang akan menitipkan barang-barangnya di bank dan akan mendapatkan bonus apabila melakukan hal tersebut. Dengan adanya bonus ini, biasanya nasabah atau calon nasabah akan meraba-raba, apakah benar ini ada bonus ataukah hanya menarik simpatik masyarakat saja, dengan adanya pemikiran tersebut, maka calon nasabah akan mendatangi pihak bank secara langsung. Dan disini bank akan menjelaskan produk wadi’ah tersebut kepada nasabah dan meyakinkan kepada nasabah agar calon pelanggan tersebut bisa tertarik dan melakukan titipan di bank tersebut.
Maka daripada itu, desain produk bank disini menurut saya, selain produk wadi’ah pihak bank harus memberikan fasilitas seperti bonus apabila melakukan atau menggunakan produk wadi’ah tersebut agar para calon-calon nasabah menjadi tertarik dan kalau bisa memberikan undian apabila menggunakan produk wadi’ah dengan cara mengundi siapa saja yang akan mendapatkan hadiah seperti lemari es, kipas angin dan lain sebagainya yang intinya untuk menarik minat para calon nasabah yang akan menggunakan produk wadi’ah tersebut.

Nama                   : RATIH DWI SURYANI
Nama Produk      : Asuransi Syari’ah


     Bank adalah tempat penyimpanan uang dari nasabah atau masyarakat yang kemudian disalurkan kepada masyarakat kembali. Gunanya yaitu ntuk memutar kan dana agar tidak mengendap atau berhenti begitu saja. Bank juga sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dengan adanya bank di tengah-tengah masyarakat ini, maka keinginan masyarakat atu nasabah bisa terpenuhi seperti meminjam dana dari bank, menabung dan lain sebagainya. Dengan adanya bank, maka masyarakat atau nasabah tidak akan susah-susah dalam meminjam dana dibank tersebut. Karena bank mempunyai beberapa produk yang siap di pasarkan kepada masyarakat agar masyarakat bisa menikmati produk-produk yang diberikan bank kepada masyarakat atau nasabah.
Dengan adanya bank maka masyarakat bisa meminjam dana untuk kebutuhanya sehari-hari seperti kebutuhan primer, sekunder maupun kebutuhan tersier.  Dari berbagai kebutuhan tersebut, maka nasabah atau masyarakat didorong dengan kemauan untuk selalu tidak puas akan pelayanan yang disediakan oleh bank kepada nasabah karena sifat manusia adalah tidak pernah puas dengan satu hal saja. Ada beberapa produk bank yang sangat menarik untuk dikaji, dalam kesempatan ini, saya akan membuat artikel tentang asuransi syari’ah yang mana akan saya desain menjadi lebih baik dan lebih menarik untuk diminati oleh nasabah.
Dalam dunia perbankan, bank akan menawarkan beberapa produk diantaranya yaitu produk asuransi syari’ah, dimana asuransi ini banyak macamnya seperti:
1.      Asuransi jiwa
2.      Asuransi kendaraan
3.      Asuransi kecelakaan
4.      Asuransi rumah
5.      Dan lain sebagainya.
Dalam beberapa asuransi diatas, maka bank akan memberikan layanannya yang terbaik di dalamnya. Bank tidak ingin memberikan kekecewaan kepada nasabahnya karena nasabah adalah raja bagi pihak bank, dengan adanya nasabah maka bank akan selalu berjaya. Maka dari pada itu, bank juga berperan pinting dalam mendesain produknya agar tidak kadaluarsa. Dengan demikian, dimunculkan beberapa produk.
Dengan produk asuransi syari’ah maka bank akan menjadi pelopor pendukung keinginan masyarakat. Menurut saya, disini asuransi syari’ah sudah cukup baik, karena sudah lengkap dengan adanya asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi rumah, asuransi kematian, asuransi masa tua dan lain sebagainya. Dengan adanya asuransi maka kita tidak akan takut suatu hari kita meninggal pasti ada feedback nya dari pihak bank karena kita sudah mengikuti asuransi tersebut. Dan kita tidak akan memberatkan orang yang kita tinggal di dunia.
Dengan mendesain produk-produk perbankan seperti asuransi syari’ah yaitu dengan memberikan pelayanan yang lebih baik seperti menambahkan bonus apabila mengikuti asuransi syari’ah tersebut agar masyarakat atau nasabah menjadi lebih senang karena adanya bonus apabila bergabung mengikuti asuransi tersebut. Bonus tersebut diberikan apabila nasabah atau calon nasabah sudah melakukan angsuran atau melakukan asuransi selama 7 sampai 10 tahun. Karena selama itu biasanya nasabah sudah mulai jenuh melakukan angsuran asuransi syari’ah, maka dari pada itu, pihak bank harus memberikan bonus tersebut agar nasabah menjadi semangat lagi untuk melakukan asuransi syari’ah kembali. Adapun bonusnya bisa diberikan seperti: bonus dana masa tua, bonus kipas angin, lemari es dan lain sebagainya yang intinya yaitu untuk memberikan semangat kembali kepada nasabah guna tetap melakukan asuransi syari’ah tersebut.

******

Nama                        : DWI SETIAWATI
Mata Kuliah             : Desain-Desain Produk Perbankan Syari’ah
Nama Produk           : Tabungan Haji

            Haji adalah impian dari setiap umat islam, karena haji banyak sekali manfaatnya, dengan haji kita bisa mendekatkan diri kita kepada sang Pencipta, dan lain sebagainya. Tabungan haji ada beberapa macam diantaranya adalah:
1.      Tabungan haji reguler
2.      Tabungan haji plus
Tabungan haji reguler yaitu tabungan haji yang biasa kita lihat seperti orang-orang yang haji pada umumnya. Yang mana dananya sebesar Rp. 25.000.000,- dengan dana tersebut maka masyarakat bisa melaksanakan haji ketanah suci. Sedangkan haji plus adalah haji yang tidak biasa kita lihat karena dananya untuk haji sendiri berkisar Rp. 70.000.000, sampai keatas, didalam haji plus tersebut ada kalanya bagi hasil yaitu selain kita menabung tabungan haji, kita juga mendapatkan bagi hasil dari pihak bank berapa persen.
Untuk masyarakat indonesia yang pada umumnya adalah petani biasanya sering menggunakan tabungan haji yang reguler karena lebih terjangkau dan lebih ekonomis. Di tabungan haji reguler hanya mendapatkan bonus saja dan tidak mendapatkan bagi hasil dari tabungan tersebut. Adapun bonusnya seperti baju ihram, gamis, payung dan lain sebagainya. Dalam mendesain produk-produk perbankan syaria’h maka disini saya akan mendesain produk yang berjudul “Tabungan Haji” .
Tabungan haji disini ada dua macam, saat penulis meneliti di bank Muamalat Kota Metro,  ada dua macam yaitu tabungan haji reguler dan tabungan haji plus. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, tabungan haji dibank muamalat ini sangat baik karena menyediakan dua pilihan bagi masyarakat yang ingin melakukan ibadah haji ketanah suci. Dengan adanya dua tabungan haji tersebut, maka masyarakat bisa meraba-raba atau memilah dan memilih salah satu tabungan tersebut agar menjadi nyaman apabila sudah bergabung dan melakukan tabungan tersebut. Kebanyakan masyarakat disini banyak yang memilih tabungan haji yang reguler saja karena lebih irit dan lebih sederhana dan ekonomis.
Sedangkan menurut Peneliti pada tanggal 30 April 2013 pukul 10.30 di Bank Syari’ah Mandiri (BSM) Kota Metro kemarin, penulis menemukan beberapa perbedaan diantaranya yaitu di bank Syari’ah Mandiri hanya mempunyai tabungan haji reguler saja dengan tanpa ada jangka waktu dalam menabung. Dalam bank Syari’ah Mandiri ini agak spesial karena apabila nasabah akan menabung di tabungan haji tersebut, maka ada fasilitas yang sangat ringan bagi masyarakat atau nasabah yaitu tidak ditentukan berapa tahun menabungnya, kalau sudah mencukupi Rp. 25.000.000,- maka kita diantar oleh bank kepada Departemen Agama Untuk mendapatkan nama/mendaftar disana.
Selain itu juga, ada fasilitas yang lain dari yang lain diantaranya adanya fasilitas dana talangan dari pihak bank kepada nasabah. Apabila nasabah tidak bisa melakukan atau melunasi tabungannya dan ingin meminjam dana talangan dahulu dari pihak bank, maka ada syarat yang sangat diperlukan yaitu Fotocopy KTP, Fotocopy Kartu Nikah, Fotocopy BPKB dan lain sebagainya. Adapun dana talangan itu mencapai 10-20 juta.  Tabungan haji di Bank Syari’ah Mandiri ini paling sedikit menyetorkannya adalah Rp. 100.000,- dan dibawah nominal tersebut tidak bisa. Sedangkan di bank Muamalat Kota Metro paling sedikit Rp. 50.000,-.
Dengan adanya perbedaan tersebut maka nasabah akan berlomba-lomba berpikir ulang untuk menabung tabungan haji manakah yang baik dan manakah yang paling menguntungkan bagi dirinya? Tetapi menurut saya semua itu tidak ada masalah, karena niat kita ingin haji jadi kita teguhkan niat jangan terkecoh dengan adanya bonus apa-apa, dengan mengucapkan bismilah maka niatkan haji mantapkan haji ambil tabungan haji yang terbaik di hati anda masing-masing agar haji anda menjadi lebih mabrur dan lebih bermanfaat bukan karena ada hadiah atau yang lain.
Nama                      : SA’ADAH FAUZIAH
Produk Bank          : Dana Pensiun

Setiap orang pasti akan memikirkan masa depannya, dengan cara mencari dana pensiun di berbagai lembaga keuangan di sekitarnya seperti di Kota Metro. Dengan adanya dana pensiun, maka masyarakat tidak akan susah-susah lagi memikirkan kelak kalau sudah tua untuk bekerja lagi karena sudah di talangi oleh bank dari dana pensiun tersebut. Bagi PNS (Pegawai Negeri Sipil) banyak yang berpikiran untuk melakukan dana pensiun dimasa yang akan datang. Dengan adanya dana pensiun ini sangat bermanfaat  bagi masyarakat karena masyarakat bisa terbantu dengan adanya dana tersebut.
Pihak bank juga akan memberikan pelayanan yang terbaik dikelasnya dengan menciptakan produk dana pensiun untuk nasabah atau masyarakat yang ingin menabung untuk dana pensiun. Bank berperan penting dalam kegiatan ini, karena bank tersebut adalah lembaga keuangan yang tugasnya memberiakn kenyamanan pelayanan dana kepada masyarakat atau nasabah. Banyak bank yang mendesain produk-produk perbankannya guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menggunakan jasa dana pensiun tersebut.
Bank Islam  yang mana sebagai bank syari’ah di Indonesia ini berperan sangat penting karena dengan adanya bank islam/syari’ah tersebut maka masyarakat Islam akan selalu menabung dan meyakinkan dirinya kepada bank tersebut. Walaupun didalam bank Islam tersebut belum terpenuhi produk-produknya. Dengan adanya nasabah yang banyak di bank Islam di Indonesia ini, maka bank islam seperti bank Muamalat akan berusaha menjadi lebih baik dan lebih menyempurnakan produknya denan menambah produk-produk tersebut menjadi lebih baik dan lebih bagus lagi.
Disini penulis akan mendesain produk-produk bank syariah seperti porduk bank Muamalat yang mana disana produk dana pensiun masih kurang dicanangkan karena disana hanya memberikan pelayanan dana pensiuan saja tanpa ada perubahan yang lain. Menurut penulis jika kita menciptakan produk kita harus membuat angket agar kita bisa mengetahui kemauan nasabah atau masyarakat, keinginan masyarakat saat menabung dan apa saja yang diinginkan masyarakat kepada bank. Dengan adanya angket maka kita bisa menyimpulkan bahwa dengan adanya produk di bank tersebut masih kurang dan masih jauh dari bank-bank lain.
Setelah kita mendapatkan angket maka kita mencoba membuat brosur tentang dana pensiun agar masyarakat atau nasabah menjadi lebih semangat mendapatkan dana segar dari bank. Dengan adanya dana pensiun maka masyarakat akan berpikir lagi apakah dana pensiun ini bermanfaat bagi saya apa hanya menguntungkan pihak bank saya. Maka daripada itu, pihak bank yang bertugas untuk meyakinkan keyakinan mereka agar mereka menjadi lebih percaya dengan adanya dana pensiun ini dibagi hasil atau mudhorobah.
Dengan adanya bagi hasil ini, jadi tidak ada yang rugi dan tidak ada yang menguntungkan jadi intinya sama-sama suka dalam transaksi tersebut. Menurut penulis jika sudah ada dana pensiun, maka setelah itu, PR bank yaitu memberikan hadiah, atau memberikan fasilitas lain agar masyarakat atau nasabah menjaadi lebih tertarik menggunakan produk dana pensiun tersebut. Seperti menambahkan jika melakukan dana pensiun maka nasabah akan mendapatkan kenyamanan, keuntungan dan lain sebagainya.
Kalau bisa diberikan bonus apabila telah melakukan tabungan selama 20 tahun. Agar menjadikan nasabah menjadi lebih sering menabung lagi untuk dana pensiun mereka. Dengan adanya fasilitas yang baru ini, diharapkan nasabah dapat melakukan tabungannya menjadi lebih sering dan lebih giat untuk melakukan atau menyimpan dananya untuk dana pensiun.


Nama                            : DEVI RATNASARI
Semester                       : VI (enam)
Produk Bank                 : Tabungan Sekolah/Kuliah


                        Setiap manusia pasti akan menginginkan belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan sekolah atau kuliah maka anak-anak akan menjadi lebih mengerti makna hidup dan mengerti apa yang belum diketahui sebelumnya.  Karena Pemerintah sendiri mewajibkan bagi masyarakatnya untuk belajar atau melakukan pendidikannya sampai dengan pendidikan 9 tahun. Dengan demikian, maka kesungguhan pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan akan semakin lebih baik dan lebih maju.  Begitu juga dalam dunia perbankan ada kalanya tabungan siswa atau mahasiswa.
Tabungan tersebut disediakan khusus untuk pelajar tingkat SMP, SMA, Sederajat dan Mahasiswa. Dengan adanya tabungan tersebut, maka secara tidak langsung bank melatih anak-anak untuk menabung dan belajar rajin dan tidak boros akan uang yang diberikan dari orang tua untuk anak-anaknya. Program bank tersebut sangat bagus dan sangat membantu perekonomian orang tua khususnya bagi orang tua yang tinggal di pedesaan. Biasanya anak-anak usia labil seperti tingkat SMA sering orak-orakan dan hura-hura saja, tetapi setelah dengan adanya tabungan pendidikan ini, diharapkan anak-anak bisa lebih hemat dan lebih rajin menabung untuk masa depan.
Tabungan pendidikan ini sudah banyak di jalankan oleh bank-bank di Indonesia, seperti Bank BRI, Mandiri Syari’ah dan Konvensional, Bank Muamalat dan lain sebagainya.  Kalau di bank BRI ada namanya tabungan pendidikan bagi SMP, SMA  dan Mahasisa yang pembukaan buku awalnya sebesar Rp. 50.000,-  sudah termasuk ATM dan Buku Tabungan, dan setorannya paling sedikit Rp. 50.000,- .
Dengan begitu siswa atau Mahasiswa bisa menikmati layanan tersebut dengan menyisihkan dana Rp. 50.000,- perbulan untuk ditabung agar masa depan mempunyai tabungan sendiri. Dengan adanya tabungan ini, bank dengan tidak langsung telah membantu Pemerintah  dalam melatih masyarakat khususnya pelajar untuk gemar menabung dan sebagainya.
Dalam kesempatan ini, penulis akan mendesain produk tabungan pelajar tersebut dengan sebaik-baiknya agar pelajar tambah giat untuk menabung. Dengan adanya tabungan ini, penulis juga lega karena banyak pelajar yang tertarik dengan adanya tabungan tersebut. Menurut penulis sih, tabungan pelajar ini sudah sangat bagus karena dengan adanya tabungan ini, pelajar tidak akan menghambur-hamburkan dananya untuk kesenangan belaka tetapi untuk kepentingan masa depan yang lebih cerah. Diusia yang sangat labil tersebut, pelajar sukanya hanya berhura-hura dengan adanya tabungan pelajar ini, diharapkan pelajar bisa menyisihkan dananya untuk menabung untuk kepentingan dimasa yang akan datang.
Dalam mendesain produk tersebut, penulis menyarankan kepada bank yaitu dengan adanya tabungan ini, bank harus memberikan fasilitas yang baru lagi agar pelajar atau mahasiswa menjadi lebih tertarik lagi. Karena jika hanya membuat tabungan pelajar saja tanpa ada fasilitas yang lain maka akan percuma. Adapun fasilitas yang lain seperti ATM dibuat lebih menarik lagi, sesuai dengan keinginan pelajar atau mahasiswa. Kemudian membuat fasilitas yang lain dari pada yang lain yaitu dengan memberikan fasilitas hadiah agar pelajar tambah giat untuk menabung. Karena pelajar biasanya senang apabila mendapatkan hadiah apalagi mendapatkan hadiah dari pihak bank yang ditabunginya.
Hadiah tersebut bisa berupa buku tulis, tas, sepatu baju sekolah dan lain sebagainya yang bisa merangsang pelajar untuk tetap menabung dan menikmati tabungan tersebut agar tidak bosen dengan tabungan tersebut. Dengan adanya hadiah tersebut diharapkan pelajar akan lebih tertarik dan lebih bersemangat dalam menabung khususnya bagi pelajar SMA dan Mahasisa.

Nama                 : Cahyo Purnomo
Semester            : VI (enam)
Produk              : Pegadaian Syari’ah

DESAIN PRODUK PEGADAIAN SYARI’AH

            Lembaga keuangan sangatlah pesat berkembang di Negara Indonesia kita ini, diantaranya adalah banyaknya bermunculan bank-bank yang menjamur di Indonesia ini. Ada banyak bank konvensional yang bermunculan di negara ini dan juga ada bank syari’ah yang menjamur di Indonesia ini seperti (Bank Muamalat Indonesia, Bank Syari’ah Mandiri, Bank Pundi Syari’ah, Bank Mega Syari’ah, Bank BCA Syari’ah, Bank BNI Syari’ah, Bank Metro Madani dan lain sebagainya) yang semua itu bermunculan akibat dari peminat para masyarakat untuk menabung atau menitipkan barang-barangnya dibank tersebut.
Dengan adanya bank-bank tersebut maka keinginan para konsumen atau nasabah akan terpenuhi satu persatu. Dalam bank-bank khususnya bank syari’ah atau bank islam yang ada di Indonesia ini maka tentu banyak juga produk yang ditawarkan oleh bank tersebut kepada masyarakat atau nasabah gunanya untuk menambah nasabah atau menambah pendapatan mereka agar bank tersebut menjadi lebih jaya dan lebih dikenal lagi dikalangan masyarakat awam yang belum mengetahui produk-produk bank tersebut. Dengan adanya produk-produk yang ditawarkan oleh pihak bank ke nasabah atau calon nasabah/masyarakat, maka masyarakat mengetahui apa saja yang ada di bank tersebut.
Bank Muamalat Indonesia adalah salah satu bank Islam yang ada di Indonesia. Didalam bank tersebut mempunyai beberapa produk diantaranya adalah tabungan haji, investasi,  tabungan siswa atau mahasiswa, asuransi, pegadaian dan lain sebagainya. Didalam tugas ini, penulis akan menjelaskan mengenai pegadaian syari’ah. Pegadaian adalah suatu cara orang menggadaikan barang atau dananya kepada suatu lembaga keuangan. Pegadaian juga bermanfaat bagi masyarakat yang memerlukan dana yang bersifat mendesak. Contoh pegadaian adalah dengan menggadaikan motor atau emasnya kepada suatu lembaga keuangan dan disini yaitu di Bank Muamalat Indonesia. Di bank Muamalat Indonesia ini hanya melayani pegadaian syariah dan produknya masih dalam bentuk menggadaikan emas saja, sedangkan untuk barang seperti kendaraan bergerak seperti motor dan mobil belum bisa karena alasannya belum ada gudang untuk menampung barang tersebut.
Dengan adanya fasilitas tersebut maka masyarakat akan menjadi lebih mudah untuk menggadaikan barangnya di Bank Muamalat Indonesia. Tetapi di bank Muamalat Indonesia ini kurang karena fasilitas atau produknya masih hanya menggadaikan emas saja. Sedangkan untuk barang bergerak seperti motor dan mobil belum bisa. Untuk mendesain produk-produk tersebut maka yang perlu diperhatikan adalah pihak bank harus mempunyai inisial atau untuk mencari fasilitas baru yaitu dengan menerbitkan produk baru yaitu dengan menambah produk pegadaian barang seperti motor dan mobil agar lebih lengkap dan lebih sempurna lagi.
Caranya yaitu dengan memberikan angket kepada nasabah atau masyarakat agar mengetahi apa saja produk yang akan di keluarkan oleh pihak bank kepada nasabah atau calon nasabah. Dengan adanya produk terbaru itu diharapkan agar semua bisa terlengkapi dan menjadi lebih mudah apabila ada masyarakat yang menggadaikan motornya untuk keperluannya yang mendesak.

0 komentar:

 
Top