Sekretariat: Jln. RA. Kartini No. 28 Purwosari Metro Utara HP. 085658851205/085768841575

PANITIA PELAKSANA
PELATIHAN ADMINISTRASI DAN DONOR DARAH
KORPS SUKARELA PALANG MERAH INDONESIA
UNIT STAI MA’ARIF METRO LAMPUNG
 

Sekretariat: Jln. RA. Kartini No. 28 Purwosari Metro Utara Hp. 085266307462/085658851205
 

A.    PENDAHULUAN
Pelatihan Administrasi adalah suatu cara untuk melatih anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Metro agar anggotanya menjadi lebih tanggap dan lebih mengerti tentang administrasi dan lebih profesional dalam surat-menyurat dan administrasi. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua anggota bisa menjadi anggota yang lebih pandai dalam membuat surat menyurat dan lain sebagainya.
Darah merupakan salah satu komponen paling penting yang ada dalam tubuh, mengingat fungsinya sebagai alat transportasi. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Beberapa kasus lain seperti kecelakaan  dan proses melahirkan juga merupakan penyebab seseorang mengalami kekurangan darah akibat pendarahan hebat. Kondisi ini tentu menuntut instansi yang terkait, seperti PMI dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi. Namun ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit sementara kebutuhan akan darah terus meningkat. Untuk menunjukkan kepedulian kami, kami dari KSR-PMI Unit STAI Ma’arif Metro bekerja sama dengan PMI Kota Metro bermaksud menyelenggarakan kegiatan  Donor  Darah  dengan  tema Setetes Darah Anda Memberikan Secercah Harapan,”.
Data Rumah Sakit Jenderal Ahmad Yani (RSUD A. Yani) Kota Metro menunjukan pada awal bulan 1 Januari 2013, sudah ada korban meninggal dunia diakibatkan deman Berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, dimana nyamuk ini sudah mewabah luas dilingkungan Kota Metro (Data RSUD A. Yani Kota Metro 2013).
Berangkat dari fenomena diatas, maka KSR-PMI Unit Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Metro Lampung sebagai salah satu dari wadah Organisasi Kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang kesehatan dan kesosialan bermaksud mengadakan “Pelatihan Administrasi Keorganisasian dan Donor Darah Sukarela (ADDS) dan Cek Darah sebagai suatu tindakan nyata kepedulian sosial terhadap sesama manusia. Khususnya dilingkungan civitas akademik STAI Ma’arif Metro Lampung.

B.     GAMBARAN SINGKAT TENTANG KSR PMI UNIT STAI MA’ARIF METRO
      Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Metro  didirikan pada tanggal 1 Desember tahun 2010 bertepatan pada peringatan hari HIV AIDS Sedunia yang didirikan oleh lima orang mahasiswa konversi dari IAIN Raden Intan Bandar Lampung. Yang mana mereka pindah ke STAI Ma’arif untuk melanjutkan kuliahnya dan mendirikan Organisasi KSR PMI Unit STAI Ma’arif Metro. Adapun lima pendiri tersebut adalah (Afrian Pramana, Abdul Kholik, Rosihan Anwar, Muhammad Muhlison dan Sunari).
      Dengan ketetapan Musyawarah Tinggi Anggota (Musta). Awal pendirian Korps Sukarela Palang Merah Indonesia  (KSR PMI) unit STAI Ma’arif  Metro ini didasari dari dinamika kampus yang terus berjalan dan maju berkembang, namun tidak ada wadah bagi para Mahasiswa STAI Ma’arif Metro dalam menyalurkan segala bentuk bantuannya untuk social kemanusiaan. Salah satu contohnya adalah tidak adanya Jasa Pelayanan Pertolongan Pertama (PP), dan Donor Darah Sukarela di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Metro yang mana semua itu sangat diperlukan seiring padatnya kegiatan dinamika kampus.  Sampai saat ini, Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit STAI Ma’arif Metro ini  tetap eksis dalam membina dan mengarahkan civitas akademika untuk melaksanakan dan berpartisipasi dalam kegiatan kepalang merahan dan kemanusiaan serta turut  serta berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Hal tersebut terbukti dengan adanya beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Mengirimkan tim relawan yang tergabung dalam Pelatihan Tanggap Darurat Bencana (PTDB) se-Indonesia di Unila pada tahun 2013.
2.      Mengirimkan anggota ke Malang dalam acara Temu Karya KSR PMI Tingkat Nasional V.
3.      Mengikuti seminar Remaja Sebaya (STAIN Jurai Siwo Metro), Pelatihan Kepemimpinan dan mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun PMI yang ke 67 di Universitas Muhammadiyah  tahun 2012.
4.      Mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar setiap Tahun sekali 2010, 2011, 2013.
5.      Menyediakan data donor darah sukarela, serta telah melakukan donor darah sukarela yang ke-10 kali sampai saat ini dan akan terus bertambah.
6.      Mengikuti pelatihan VCA dan pemetaan daerah oleh PMI Kota Metro bekerjasama dengan Canadian Red Cross tahun 2013.
7.      Mengadakan Pelatihan Administrasi Keorganisasian Untuk KSR PMI STAI Ma’arif Metro.

C.    DASAR KEGIATAN
1.      Perjanjian Kerjasama Mensos PP PMI Nomor: 43/HUK/1995 dan 0183.Kep/PP/IX/95, Tentang Pembinaan Organisasi dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial tanggal 26 September 1995.
2.      SK Ketua KSR-PMI Unit Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif No. 025 Tahun 2012.
3.      Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) KSR PMI Unit STAI Ma’airf Tahun 2012.
4.      Program Kerja Pengurus KSR-PMI Unit Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Metro Lampung Periode 2013-2014.
5.      Rapat Panitia Pelaksana Pelatihan Administrasi Keorganisasian dan Aksi Donor Darah Sukarela (ADDS), dan Cek Darah pada tanggal 07 Mei 2013
6.      Tri Dharma Perguruan Tinggi.


D.    MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
      Maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan solidaritas kepedulian terhadap sesama, mempererat silaturahmi dan memperkuat ukhuah Islamiah dilingkungan Kampus STAI Ma’arif Metro Lampung. Sedangkan Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan terhadap sesama, Mewujudkan semangat kepedulian kepada sesama, Mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat sekitar dan Memberikan pengetahuan mengenai “Pelatihan Administrasi dan Donor Darah” di lingkungan Kampus STAI Ma’arif Metro dan Masyarakat.



E.     WAKTU DAN TEMPAT
1.      Pelatihan Administrasi Keorganisasian
Hari              : Sabtu, 01 Juni 2013
Waktu          : 08.00 WIB s.d. selesai
Tempat         : Gedung Bahasa Arab Kampus STAI Ma’arif Metro
2.      Donor Darah Dan Cek Darah
Hari              : Selasa, 04 Juni 2013
Waktu          : 08.00 WIB s.d  Selesai
Tempat         : Halaman Kampus  STAI Ma’arif Metro Lampung

F.     TEMA KEGIATAN
1.      Pelatihan Administrasi
Mari Wujudkan dan Ciptakan Mahasiswa/i yang tertib Administrasi, dan Melatih Jiwa Organisasi  yang Handal dan Berintelektual Tinggi.”

2.      Donor darah



G.    SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan ini adalah Masyarakat Umum serta segenap Mahasiswa/Mahasiswi dan Civitas Akademik Kampus STAI Ma’arif Metro Lampung.


H.    PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan oleh KSR-PMI Unit STAI Ma’arif Metro Lampung. Susunan panitia terlampir.

I.         BERJALANNYA KEGIATAN
1.      Peserta Pelatihan Administrasi Keorganisasian
      Adapun peserta pelatihan administrasi keorganisasian ini diikuti oleh 30 peserta dari anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit STAI Ma’arif Metro. Yang mana kegiatan ini dilakukan pada hari sabtu tanggal 01 Juni 2013 pukul 09.30 WIB. Kemudian materi pertama tentang Analisis SWOT, dilanjutkan dengan materi Pengarsipan, penjelasan Administrasi secara umum dan administrasi keorganisasian, yang diisi oleh Yusup Saputra (Mantan Ketua KSR PMI Unit STAI Ma’arif periode 2011-2012).
      Kemudian istirahat ISOMA, setelah isoma dan makan siang, materi diisi oleh materi motivasi keorganisasian yang diisi oleh Muhammad Muhlison (Pendiri KSR PMI Unit STAI Ma’arif Metro), setelah itu dilanjutkan dengan materi Pembuatan Proposal dan LPJ Atau laporan pertanggung jawaban oleh Ketu Umum KSR PMI Unit STAI Ma’arif Metro Periode 2013-2014.
      Setelah materi Proposal dan LPJ kemudian dilanjutkan dengan permainan atau game, dan materi problem solving yang disampaikan oleh Amri Wibowo dari KSR PMI Kota Metro. Adapun kegiatan ini berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

2.      Peserta Donor Darah dan Cek Darah
      Adapun peserta donor darah dan cek darah diikuti oleh Mahasiswa, Dosen dan Staf STAI Ma’arif Kota Metro. Acara donor darah dan cek darah ini diikuti oleh 30 peserta dari Kampus STAI Ma’arif Metro dan 3 orang/peserta yang cek darah. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan sosialisasi kekelas-kelas yang mana sosialisasi ini bertujun untuk mencari masa atau pendonor sebanyak-banyaknya.
      Sosialisasi ini berjalan selama 1 Jam, dari pukul 08.00 WIB sampai dengan Pukul 09.00 WIB.  Setelah sosialisasi selesai, semua anggota KSR PMI Unit STAI Ma’arif Metro Langsung menempati tugasnya masing-masing, ada yang menjaga pendaftaran pendonor, ada yang menyiapkan tempat untuk peserta yang setelah donor untuk istirahat, kemudian ada juga yang mencatat hasil pendonor di buku donor darah.
      Acara donor darah dan cek darah ini berjalan dengan lancar dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Setelah pendonor selesai mendonorkan darahnya di Mobil Unit Donor Darah, maka mereka disuruh istirahat sebentar dan disuguhkan berbagai macam makanan dan snack untuk dikonsumsi yang bertujuan agar pendonor bisa istirahat sebentar dan untuk beramah tamah dengan anggota KSR PMI Unit STAI Ma’arif Metro.


J.      SUMBER DANA
Sumber dana yang diperoleh dari:
1.      Donatur  yang tidak mengikat.

K.      DANA YANG DIKELUARKAN
            Adapun kegiatan ini menghabiskan dana sebesar  Rp. 666.200 (Terbilang: Enam Ratus Enam Pulu Enam Ribu Dua Ratus Rupiah). Dan laporan keuangan Pelatihan Administrasi Keorganisasian dan Donor Darah sebagaimana terlampir.

L.     PENUTUP
      Demikian laporan kegiatan ini dibuat, sebagai bahan rujukan dan acuan paska kegiatan tersebut di atas.
                                                                                         

                                                                     Metro, 04 Juni 2013

Mengetahui,
Ketua,




 ERLINA SARI


Sekretaris,




 DELIS MISROROH

Menyetujui,
Pengurus KSR-PMI Unit STAI Ma’arif Metro
Ketua,





MUHAMMAD IBNU SO’IM



SUSUNAN PANITIA PELAKSANA
PELATIHAN ADMINISTRASI DAN DONOR DARAH SUKARELA (ADDS)
 DAN CEK DARAH
KSR-PMI UNIT STAI MA’ARIF METRO
Pelindung                   : Hi. Lukman Hakim, SH. MM
Penanggung Jawab     : Drs. Muhammad Zaini, M.Pd.I
Ketua Umum              : Muhammad Ibnu So’im
Ketua Pelaksana         : Erlina Sari
Sekretaris                    : Delis Misroroh
Bendahara                  : Eis Faradila

1.      Seksi Acara
: Koordinator
Amri Wibowo
1.      Farida
2.      Yusuf Saputra
3.      Abdul Kholik
2.      Seksi Kesekretariatan
: Koordinator
M. Saifudin Rosyid
1.      Artika Jayati
2.      Nur Mahmudah
3.      Ira Susilawati
3.      Seksi Perlengkapan
: Koordinator
Adi Santoso
1.      Dedy Irawan
2.      Novita Ferliana
3.      Mukhlasin
4.      Seksi Konsumsi
: Koordinator
Giyanto
1.      Umi Salbiah
2.      Rubiyem
5.      Seksi Dokumentasi
: Koordinator
Alifiah Astika Rani
1.      Annisa Bulqis
6.      Seksi Humas
: Koordinator
Juwita
1.      Eka Anggi Oktaria
2.      Nurul Istiqomah




LAPORAN KEUANGAN
PELATIHAN ADMINISTRASI DAN DONOR DARAH SUKARELA (ADDS), DAN CEK DARAH
KSR-PMI UNIT STAI MA’ARIF METRO


A.    LAPORAN PEMASUKAN
NO
DONATUR
JUMLAH
1
AKASA  Metro
1 Buah Banner
2
UDD (Unit Donor Darah) PMI Kota Metro
            Rp. 300.000,-
3
Dinas Kesehatan Metro
           Rp. 200.000,-
4
BPRS. Metro Madani
2        Buah Banner
JUMLAH TOTAL
Rp. 500.000,-


B.     LAPORAN PENGELUARAN
NO
PENGELUARAN
JUMLAH
1
Sie. Kesekretariatan
a.       Karton @ Rp. 2.000,- x 2 buah
b.      Spidol @ Rp. 5.000,- x 3 buah
c.       Kertas A4 @ Rp. 28.000,- x 2 buah
d.      Kertas Sertifikat @ Rp. 35.000,-x 1pack
e.       Stempel Pelatihan Administrasi Keorganisasian
f.       Fotocopy Materi
g.      Tinta Stempel
h.      Surat Menyurat dan Pembuatan Proposal dan LPJ
Rp. 4.000,-
Rp. 15.000,-
Rp. 56.000,-
Rp. 35.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 18.000,-
Rp. 16.000,-
Rp. 100.000,-
2
Sie. Konsumsi
a.       Makan Siang Peserta
b.      Air Mineral @ Rp. 15.000,- x 4 dus
c.       Air Galon @ Rp. 10.000,- x 1 galon
d.      Kue 30 bungkus untuk Donor Darah
e.       Kotak Kue 10 buah @ Rp. 250,-
f.       Snack 2 bungkus
Rp. 180.000,-
Rp. 60.000,-
Rp. 10.000,-
Rp. 15.000,-
Rp. 2.500,-
Rp. 10.000,-
3
Sie. Perlengkapan
a.       Sewa Sound System
b.      Batre ABC Alkalin AA-LR6/4
Rp. 50.000,-
Rp. 21.700,-
4
Sie. Humas
a.       Biaya Transportasi
b.      Parkir Motor di RSUD. A. Yani
Rp. 50.000,-
Rp. 3.000,-
JUMLAH TOTAL
Rp. 666.200,-


Terbilang: Enam Ratus Enam Puluh Enam Ribu Dua Ratus Rupiah.
Minus: Seratus Enam Puluh Enam Ribu Dua Ratus Rupiah.
Metro,  04 Juni 2013
Bendahara,



EIS FARADILA
Bendahara           




EIS FADILA        
 







FOTO-FOTO KEGIATAN
PELATIHAN ADMINISTRASI KEORGANISASIAN

FOTO-FOTO KEGIATAN
DONOR DARAH SUKARELA DAN CEK DARAH

               

0 komentar:

 
Top