SEJARAH SINGKAT BMT ARSYADA



A.    PENGERTIAN BMT
BMT merupakan kependekan dari Baitul Maal Wat Tamwil atau dapat juga ditulis dengan Baitul Maal Wa Baitul Tamwil. Secara Harfiah Lughowi Baitul Maal berarti rumah dana dan Baitul Tamwil berarti rumah usaha. Baitul maal dikembangkan berdasarkan sejarah perkembangannya, yakni dari masa Nabi sampai abad pertengahan perkembangan Islam. Dimana Baitul Maal berfungsi untuk mengumpulkan sekaligus mentasyarufkan dana sosial. Sedangkan Baitul Tamwil merupakan lembaga bisnis yang bermotif laba.
Dari pengertian tersebut, yang dimaksud dengan BMT adalah suatu organisasi bisnis yang juga berperan sosial. Peran sosial BMT akan terlihat pada definisi Baitul Maal, sedangkan peran bisnis BMT terlihat dari definisi Baitul Tamwil. Sebagai lembaga sosial, baitul maal memiliki kesamaan fungsi dan peran dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ), oleh karenanya baitu maal ini harus didorong agar mampu berperan secara professional menjadi LAZ yang mapan. Fungsi tersebut paling tidak meliputi upaya pengumpulan dana zakat,infak, sedekah, wakaf dan sumber dana-dana sosial yang lain. Dan upaya pensyarufan zakat kepada golongan yang paling berhak sesuai dengan ketentuan asnabiah (UU Nomor 38 Tahun 1999).[1]

Sebagai lembaga bisnis, BMT lebih mengembangkan usahanya pada sektor keuangan, yakni simpan pinjam. Usaha ini seperti usaha perbankan yakni menghimpun dana anggota dan calon anggota serta menyalurkannya kepada sektor ekonomi yang halal dan menguntungkan.

B.     SEJARAH SINGKAT BMT ARSYADA
BMT Arsyada didirikan pada tanggal 21 Juli 2013 dan telah diakui oleh Pemerintah dengan surat izin Provinsi Lampung Nomor: 04/BH/X/III.11/V/2013. BMT Arsyada tersebut didirikan oleh Andri Yulianto, SE sebagai Ketua, Fuad Ashari, M.EI., sebagai Sekretaris, dan Dwi Fajarianto sebagai bendahara umum.
BMT Arsyada tersebut berkedudukan atau beralamatkan di Jalan Jenderal Sudirman No. 110 Kelurahan Imopuro, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro Provinsi Lampung.
Motto dari BMT Arsyada sendiri yaitu mengusung motto Sejahtera Bersama Anggota, yang selalu melakukan pendekatan kepada Masyarakat luas agar senantiasa Dekat dihati semakin di cintai.
Sudah saatnya anda beralih ke sistem Syariah agar harta dan benda anda lebih barokah dengan segera mendaftarkan diri anda menjadi anggota BMT Arsyada sekarang juga.

C.    ALAMAT BMT ARSYADA
BMT Arsyada sejak berdiri dari tahun 2013 hingga saat ini sudah mempunyai beberapa kantor cabang. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Kantor Pusat
Kantor Pusat BMT Arsyada beralamatkan di Jalan Jenderal Sudirman No. 110, Kel. Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Provinsi Lampung
2.      Kantor Layanan Kas
Untuk kantor layanan kas sendiri beralamatkan di Kompleks Pasar Banar Joyo, Kec. Batanghari, Kab. Lampung Timur
3.      Kantor Cabang Simpang Randu
Untuk Kantor Cabang Simpang Randu beralamatkan di Jalan Raya Lintas Timur, Kel. Simpang Randu, Kec. Way Seputih, Kab. Lampung Barat
4.      Kantor Cabang Sekincau
Sedangkan Kantor Cabang Sekincau beralamatkan di Jalan Raya Lintas Liwa, Kel. Betung Sukosari, Kec. Sekincau, Kab. Lampung Barat.

Dengan adanya cabang tersebut menjadikan kinerja dan pelayanan BMT Arsyada menjadi maksimal. Demi untuk menjadikan lembaga tersebut menjadi lembaga yang besar, maka sudah direncanakan pembukaan cabang-cabang baru yang ada di seluruh Provinsi Lampung setiap tahunnya.

D.    PRODUK-PRODUK BMT ARSYADA
Didalam menjalankan managemen BMT Arsyada, BMT Arsyada mempunyai strategi dalam mengembangkan lembaga keuangannya agar lebih berkembang untuk kedepannya, yaitu dengan cara memberikan pelayanan kepada anggota ataupun calon anggota penabung maupun calon anggota pembiayaan. Dalam memberikan pelayanan tersebut, BMT Arsyada mempunyai banyak produk. Diantaranya adalah sebagai berikut:[2]
1.      Produk Simpanan Idul Qurban
Produk simpanan Idul Qurban adalah simpanan khusus yang diperuntukan dan hanya bisa menjelang Hari Raya Idul Qurban dengan nisbah  (Porsentase) bagi hasil 30% untuk anggota dan 70% untuk BMT Arsyada (30:70).
2.      Produk Simpanan Suka Hati
Produk Simpanan Suka Hati adalah simpanan yang bisa ditambah dan diambil dalam sewaktu-waktu diperlukan sesuai dengan kehendak sesuka hati dengan nisbah (porsentase) bagi hasil 25% untuk anggota dan 70% untuk BMT Arsyada (25: 75)
3.      Produk Simpanan Pendidikan
Produk Simpanan Pendidikan adalah suatu simpanan yang khusus diperuntukan dan hanya dapat diambil menjelang semesteran atau per 6 (enam) bulan sekali dengan nisbah (porsentase) bagi hasil 25% untuk anggota dan 75% untuk BMT Arsyada (25:75)
4.      Produk Simpanan Berjangka
Produk simpanan berjangka yaitu simpanan yang menggunakan sistem tempo dengan bagi hasil yang kompetitif, adapun jangka waktunya adalah sebagai berikut:

-          3 bulan                  nisbah 30: 70
-          6 bulan                  nisbah 40: 60
-          12 bulan                nisbah 50: 50
-          24 bulan                nisbah 60: 40

Adapun setoran untuk simpanan berjangka (deposito) tersebut minimal Rp. 1.000.000,00 dan kelipatannya. Buktikanlah kami yang terbaik dari yang terbaik, segera daftarkan diri anda menjadi salah satu diantara orang yang beruntung dengan menjadi anggota BMT Arsyada terdekat.
5.      Produk Simpanan Idul Fitri
Produk simpanan Idul Fitri yaitu simpanan yang dapat diambil setahun sekali yaitu setiap sebulan sebelum menjelang Hari Raya Idul Fitri.  Dalam simpanan tersebut BMT Arsyada memberikan Doorprize  paket lebaran setiap kelipatan Rp. 1.000.000,00.
Syarat untuk mendapatkan paket Doorprize yaitu anggo atau calon anggota melakukan transaksi simpanan Idul  Fitri dalam periode 2015 sampai dengan Desember 2015, saldo simpanan minimal Rp. 1.000.000,00 akan mendapatkan satu paket bingkisan dan kelipatannya tanpa diundi.
Contoh: Ibu Ani mempunyai simpanan Idul Fitri di BMT Arsyada sebesar Rp. 5.000.000,00 maka BMT Arsyada akan memberikan Doorprize bingkisan Idul Fitri sebanyak lima buah, apabila mempunyai saldo tabungan di BMT Arsyada Rp. 10.000.000,00 maka Ibu Ani akan mendapatkan sepuluh bingkisan dan berlaku kelipatannya.
Dalam satu paket tersebut terdapat enam item diantaranya adalah sebagai berikut:
a.       Mendapatkan softdrink 1,5 liter
b.      Mendapatkan susu 1 kaleng
c.       Mendapatkan biskuit kemasan lebaran
d.      Mendapatkan minyak sayur 2 Kg
e.       Mendapatkan tepung terigu 1,5 Kg
f.       Mendapatkan gula putih.*

Adapun periode dalam mendapatkan bingkisan lebaran tersebut yaitu Agustus 2015 sampai dengan Desember 2015. Bagi yang berminat silahkan membuka simpanan Idul Fitri di BMT Arsyada, apabila yang baru tahu informasinya, jangan kuatir tahun depan masih ada paketannya. Ayo segera tingkatkan saldo simpanan Idul Fitri anda agar dapat bingkisan lebaran yang sangat menguntungkan agar lebaran anda semakin berseri bersama keluarga.
Ambil bingkisan lebarannya dan uang dapat diambil pula waktu sebulan sebelum lebaran. Tunggu apalagi, ayo tingkatkan saldo simpanan Idul Fitri anda semua.
*Syarat dan ketentuan berlaku.*
6.      Produk Simpanan Arsyada Membahana
Program ini diperuntukan hanya untuk anda calon anggota ataupun anggota lama BMT Arsyada yang selalu setia dan semakin mempercayai BMT Arsyada sebagai satu-satunya Lembaga Keuangan pilihan hati dan selalu dekat di hati. Simpanan membahana (deposito) periode 2015 sampai dengan 2016.
a.       Membahana 6 bulan:
-          Simpanan Rp. 50.000.000,00 akan mendapatkan TV LCD 29 Inc*
-          Simpanan Rp. 75.000.000,00 akan mendapatkan 7 grm emas*
-          Simpanan Rp. 100.000.000,00 akan mendapatkan 10 grm emas*
b.      Membahana 18 bulan:
-          Simpanan Rp. 50.000.000,00 akan mendapatkan 11 grm emas*
-          Simpanan Rp. 75.000.000,00 akan mendapatkan 16 grm emas*
-          Simpanan Rp. 100.000.000,00 akan mendapatkan 1 unit sepeda motor metic*
c.       Membahana 26 bulan:
-          Simpanan Rp. 50.000.000,00 akan mendapatkan 1 unit sepeda motor metic*
-          Simpanan Rp. 75.000.000,00 akan mendapatkan 1 unit sepeda motor metic ditambahkan dengan 7 gram emas*
-          Simpanan Rp. 100.000.000,00 akan mendapatkan 1 unit sepeda motor metic dan ditambah dengan 10 gram emas*
-          Simpanan Rp. 1.000.000.000,00 akan mendapatkan 1 unit Mobil*

Semua hadiah diatas tanpa diundi dan akan diberikan di awal, sistem simpanan tersebut menggunakan akad Wadiah Yad Dhomanah yaitu sistem simpanan yang tidak menggunakan sistem bagi hasil tetapi menggunakan sistem hadiah dan diberikan diawal atau pada saat anggota mulai melakukan transaksi simpanan.
* Syarat dan ketentuan berlaku.*
7.      Produk Pembiayaan
Produk pembiayaan di BMT Arsyada meliputi segala aspek kebutuhan  masyarakat, sehingga masyarakat dapat mendapatkan pelayanan sebaik mungkin dari BMT Arsyada tersebut. Adapun produk-produk Pembiayaan tersebut yaitu:
-          Murabahah
-          Musyarakah
-          Mudharabah
-          Ijarah
-          Hawalah.[3]
Produk-produk tersebut diatas adalah akad pembiayaan yang telah di syahkan oleh Majelis Ulama’ Indonesia (MUI)  agar dana yang kami salurkan tidak menyimpang dari aturan-aturan agama Islam sehingga harta yang kita usahakan dapat bermanfaat dan barokah.
Adapun persyaratan dalam mengajukan pembiayaan di BMT Arsyada yaitu:
1.      Menjadi anggota BMT Arsyada dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 20.000,00
2.      Mengisi formulir pendaftaran anggota dan formulir pembiayaan
3.      Menyerahkan fotocopy KTP suami istri masing-masing 1 lembar
4.      Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga
5.      Menyerahkan fotocopy jaminan (Jika BPKB dilampiri fotocopy STNK)
6.      Melampirkan surat kuasa asli jika surat jaminan tersebut bukan atas nama sendiri
7.      Menyerahkan Pas Photo 3x4 suami istri masing-masing 1 lembar
8.      Menyerahkan fotocopy kartu nikah/buku nikah
9.      Berpenghasilan tetap
10.  Jujur, amanah dan bertanggung jawab
11.  Bersedia di survey.

Semua berkas yang sudah masuk di BMT Arsyada tidak dapat diambil kembali dan BMT Arsyada berhak mencairkan atau tidak pengajuan anggota tanpa memberikan alasan yang jelas.[4]

E.     PRODUK LAINNYA
BMT Arsyada selain mempunyai produk simpanan dan produk pembiayaan, BMT Arsyada juga melayani Transfer Online, Pembayaran Token Listrik, melakukan pembayaran Isi Ulang Pulsa Elektrik, Tagihan PDPAM, Bayar Angsuran Jiwa Sraya, dan masih banyak lagi.




[1]Muhammad Ridwan, Managemen Baitul Maal Wat Tamwil, (Yogyakarta: UII Press, 2004), hal. 123.
[2] BMT Arsyada, Brosur Baitul Maal Wat Tamwil Arsyada, (Metro: BMT Arsyada, 2015).
[3] BMT Arsyada, Brosur Baitul Maal Wat Tamwil Arsyada, (Metro: BMT Arsyada, 2015).
[4] BMT Arsyada, Brosur Baitul Maal Wat Tamwil Arsyada, (Metro: BMT Arsyada, 2015).

0 komentar:

 
Top