REVOLUSI HIDUP SEHAT


A.    RAJIN IBADAH SHOLAT
Rajin ibadah merupakan wajib yang diajarkan agama Islam kepada hamba-hamba-Nya. Rasulullah sangat mantap dalam ibadah ritualnya, khususnya dalam shalat. Beliau pun memiliki keterampilan paripurna dalam mengelola emosi, pikiran dan hati. Rajin ibadah akan menjadikan hidup kita sehat. Karena secara tidak langsung ibadah sholat itu akan menjadikan kita sehat jasmani dan rohani.
Seperti contohnya kita bangun pagi-pagi, kita melaksanakan sholat subuh dimana kita bisa melaksanakan sholat dan olahraga karena dengan gerak-gerak sholat kita itu kita akan bergerak dan dapat menjadikan hidup kita sehat.

B.     PUASA SUNNAH
Puasa Sunnah diluar puasa wajib (Puasa Ramadhan) itu sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW. walaupun hanya puasa sunnah tetapi puasa ini sangat membantu kita dalam  merubah perilaku hidup sehat. Ada beberapa puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. diantaranya yaitu puasa Senin Kamis, Puasa Daud, Puasa enam hari dibulan syawal, dan lain sebagainya. Puasa adalah perisah diri terhadap berbagai macam penyakit jasmani maupun penyakit rohani. Pengaruhnya dalam menjaga kesehatan, melebur berbagai berbagai ampas makanan, manahan diri dari makanan berbahaya sangat luar biasa.
Puasa tersebut dapat menjadi obat penenang bagi stamina dan organ tubuh sehingga energinya tetap terjaga. Puasa sangat ampuh untuk detoksifikasi (pembersihan racun) yang sifatnya total dan menyeluruh. Maka daripada itu, apabila anda menginginkan perubahan hidup sehat yaitu laksanakan perintah Allah dan jauhi larangan-Nya. Yaitu dengan berpuasa agar hidup lebih sehat dan mendapatkan pahala dari Sang Maha Pencipta.

C.    BERHENTI MEROKOK
“Merokok membunuhmu!” selogan itu sangat sering kita dengar di telinga kita. Karena di setiap bungkus rokok selalu tertulis selogan “Merokok Membunuhmu!. Padahal dalam slogan tersebut sudah jelas-jelas bahwasanya merokok dapat membunuhmu tetapi masih banyak sekali warga khususnya di Indonesia mengkonsumsi rokok setidaknya sehari satu bungkus habis di hisab sendiri.
Padahal di dalam rokok tersebut terdapat berbagai macam racun diantaranya yaitu nicotin. Nicotin tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena dengan adanya nicotin tersebut membuat kita kecanduhan dan menjadikan jantung kita tidak sehat.

D.    JAGA POLA MAKAN
Selektif dalam makanan akan menjadikan hidup kita menjadi sehat jasmani dan rohani. Makanan yang baik yaitu makanan yang tidak terkandung unsur-unsur haram sedikitpun. Halal berkaitan dengan urusan akhirat yaitu halal cara mendapatkannya dan halal barangnya. Rasulullah SAW. bersabda yang artinya sebagai berikut:
Artinya “Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat yaitu madu dan Al-Qur’an.” (HR. Ibnu Majjah dan Hakim).

Rasulullah SAW. mengajarkan kepada setiap umatnya agar makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Rasulullah SAW. Mengajarkan makan dengan makanan yang baik lagi tayyib.  Dengan menjaga pola makan yang baik, maka hidup kita pula akan menjadi baik juga.


E.     ISTIRAHAT YANG CUKUP
Tidur adalah aktivitas alamiah dari kehidupan kita, selain makan dan mendapatkan istirahat, istirahat yang cukup adalah lebih baik. Tidur akan membuat anda merasa lebih baik, tidak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati, tetapi akan menjadikan hidup kita akan rileks. Orang dewasa membutuhkan tidur antara 7 sampai dengan 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan fikiran beristirahat.
Kebanyakan kaum muda mudi yang lahir di era yang sangat modern ini banyak menghabiskan hidupnya dengan berpoya-poya, urakan, begadang, tanpa memikirkan masa depan. Mereka kebanyakan menghabiskan waktunya berkumpul-kumpul dengan teman-temannya, hingga larut malam. Padahal apabila kita bisa istirahat setiap pukul 22.00 WIB, maka hidup kita akan teratur sehat.

Dari kelima point diatas, maka tidak ada salahnya apabila kita menerapkan kelima pont diatas. apabila kita serius dalam menerapkan tersebut kita akan hidup sehat.



0 komentar:

 
Top