BAB I
PENDAHULUAN
Perang Salib ialah perang yang dilakukan oleh umat Kristen
Eropa untuk merebut dan menguasai Bait al-Maqdis di Yerussalem dari tangan umat
Islam. Dinamakan Salib, karena setiap orang Eropa yang ikut bertempur
mengenakan tanda Salib di dada kanan sebagai bukti kesucian cita-cita mereka.
Perang ini berlangsung dari tahun 1095- 1291 M.
Adapun penyebab terjadinya Perang Salib ada dua, yaitu :
sebab tak langsung dan sebab secara langsung. Penyebab tak langsung ialah sejak
wafatnya Rasulullah saw. di mana daerah-daerah yang dikuasai kaum
Nasrani, telah direbut oleh pasukan Islam. Sedangkan penyebab secara langsung
ialah 1) Ditetapkannya pajak yang dirasakan menyulitkan kaum Nasrani untuk
berzirah ke Yerussalem oleh Penguasa Dinasti Saljuk. 2) Paus Urbanus II beserta
Raja-raja Nasrani di Eropa bermaksud membebaskan Konstantinopel (Bizantium)
dari kekuasaan Islam serta mempersatukan kekuasaan gereja di Roma dan Yunani.
3) Untuk merebut Bait al-Maqdis di Yerussalem.
BAB II
PEMBAHASAN
PERANG SALIB
A. PENGERTIAN PERANG SALIB
Perang salib ialah
peristiwa perang yang melibatkan antara umat kristiani eropa (inggris, prancis,
jerman dan byzantium) dengan umat islam. Dari pihak islam yang terlibat
langsung antara lin Amirat Qaniyah, Amirat Zunkia dan Amirat Ayyubiyat
(Palestina). Peristiwa perang salib terjadi pada masa daulah Bani Abbasiyah IV dalam
kekuasaan Turki Bani Saljuk.
B. PENYEBAB TERJADINYA PERANG SALIB
Perang salib terjadi
melalui beberapa alasan diantaranya adalah
sebagai berikut:
- Adanya appeal kaisah Michael VII kepada Paus Greogy VII di Roma untuk memerangi Umat Islam. Sebabnya adalah Byzantium kalah perang melawan umat islam di Mazikert (1071) Sultan Alp Arsalan (turki bani saljuk) memasuki wilayah asia kecil dan dan menguasi seluruhnya.
- Kerja sama antara kaisar Alexus (1081-1118) dan Paus Urbanus II (1088-1099) untuk menjalankan perang salib melawan umat islam
- Meluasnya anggapan dari kalangan Nasrani Eropa akan lenyapnya keleluasaan melakukan ziarah ke Baitul Maqdis dan makam Isa as di Yerussalam. Hal ini dikarenakan ketatnya pengawasan dari turki bani saljuk. Untuk membebaskan yerussalem dari pengusaan bani salju dan penguasi turki bani saljuk ini perlu dilakukan perang suci. Semangat perang salib melawan umat islam ini merata setelah Paus Urbanus II mengucapkan pidatonya pada tanggal 26 November 1095 di Clermont (Prancis Selatan).
C. PERIODESASI PERANG SALIB
- Periode pertama (1097-1099)
Dalam perang salib yang pertama ini,
pasukan Nasrani eropa memperoleh banyak kemenangan dan keuntungan, yaitu : Pertama, terbentuknya 4 buah kerajaan eropa
Nasrani si Syam:
a. Godfrey lalu digantikan saudaranya, Boudwijn sebagai raja Baitul Maqdis
b. Boudwijn sebagai raja di desas
c. Roymod sebagai penguasa di Tripoli
Kedua kerajaan Byzantium telah memperoleh
wilayahnya kembali di Asia kecil. sebagian besar wilayah asia kecil yang berada
dalam tangan pasukan salib dikembalikan pada Byzantium. Ketiga, kokohnya persatuan antara paus dan
kaisar, antara para raja dengan pangeran-pangeran di Eropa Balm menghadapi umat
islam. Keempat, bahasa Prancis menjadi
bahasa kerajaan salib karena orang-orang Prancis lebih besar jumlahnya dalam
angkatan perang salib ini.
- Periode kedua (1147-1149)
Ditengah-tengah kemunduran umat Islam dan
kemenangan pasukan salib itu lahirlah seorang pemimpin Islam yang bekerja keras
dalam melawan pasukan salib,yaitu Imanuddin Zanki, penguasa di Mousul dan Irak
pada tahun 1127. Imanuddin dapat berkuasa di Aleppo dan berapa kota lainnya di
Syam, dan Edessa dapat is rebut dari pasukan salib pada tahun 1144. Angkatan perang salib II
dipimpin oleh raja Louis VII (1137-1180 Ml dari Prancis dan raja Conrad III
dari Jerman. Imanuddin wafat pada tahun 1146 dan meninggalkan dua orang putra
Nurdin dan Saifudin yang melanjutkan perjuangan ayahnya.
Pertempuran antara pasukan islam melawan
tentara salib terjadi di Almuzzah dan, pasukan salib dapat dikalahkan oleh
pasukan Nurdin dan Saifudin anak dari Imanuddin Zankiah. Jadi dalam perang
salib II ini berada dipihak kaum muslimin. hasil dari perang ini ialah
persatuan umat islam semakin kokoh, prestise dan gengsi urnat islam naik
dirnata Nasrani Eropa, dan kehadiran penziarah Eropa ke Baitul Magdis mengecil.
- Periode ketiga (1189-1192)
a. Pertempuran Ali mesir
Setelah berhasil mengusir tentara salib dari
Damaskus, Nurdin kini menghadapi soal Mesir yang diperintah oleh khalifah Al
Adhid dari daulah Fatimiyah, dibawah pengaruh tentara salib. Kedua wazir Al
Adhid yaitu Syawir dan Dargam saling berselisih. Untuk memenangkan persaingan
dan perselisihan itu Syawir memperoleh bantuan dari Nurdin, dengan mengecam
pasukannya yang kuat dibawah panglima Assasuddin Syarkuh. Sementara itu Dargam
memperoleh bantuan dari raja salibiyah di Baitul Magdis, Almaric
(1163-1174).Dalam pertempuran itu Dargam terbunuh dan Mesir berada di pihak
Syawir.
Namun Syarkuh berkhianat atas perintah
Nurdin Syarkuh untuk kedua kalinya datang ke Mesir utuk memerangi kaum Salibiah
disana (1167). pertempuran terjadi di Babaini (pantai barat sungai Nil) dan
tentara salib kalah. Syarkuh untuk ketiga kalinya diutus oleh Nurdin untuk
menyelesaikan misinya. dalam misinya yang ketiga ini syarkuh sukses dengan
gemilang. Syawir yang bersifat munafik dan pengecut itu mati terbunuh. Syarkuh
menjadi wazir dan meninggal setelah memimpin mesir selama dua bulan.setelah itu
kedudukannya digantikan oleh Shalahudin.
b. Shalahuddin
Pada awal pemerintahan Shalahuddina Al
Adhid wafat dan dua tahun kemudian Nurdin mangkat pula. pewaris Nurdin saling
berebut pusaka kekuasaan. maka Shalahuddin menyatakan diri sebagai penguasa
Mesir dengan gelar "Shultan AI Malik An Nashiar Shalahuddin AI Ayyubi.
atas restu khalifah abbasiyah. pada tahun 1181 Shalahuddin sampai di Allepo dan
Mousul. kedua kota itu dapat dikuasai setelah wafatnya Malikus Sholeh bin
Nurdin. Pertempuran antara kaum muslimin dengan tentara salib setelah perang
salib kedua hanyalah pertempuran kecil dan berakhir dengan perdamaian antra
kedua belah pihak.tetapi perdamaian itu dilanggar oleh pihak salibiyah.
Oleh sebab itu pada bulan Juli 1187 M
Shalahuddin melancarkan perang dengan hebatnya llittin. Dalam peperangan ini
10.000 pasukan salib tewas dan berturut-turut beberapa kota jatuh ketangan
Shalahuddin: Yafa, Birut, dan Parda bulan oktober 118 M Baitul Maqdis kembali
ke pangkuan kaum muslimin.
c. Perang salib III
Kekalahan kaum salibiyah di Hittin dan
jatuhnya Baitul Maqdis ke tangan kaum muslimin membangkitkan semangat Para raja
dan bangsawan eropa untuk menvusun kekuatan besar yang tersusun rapi dan
berencana,lengkap dengan segala persiapannya. Adapun Pimpinan mereka adalah:
1) Frederick Barbosa, raja Jerman
2) Philip Augustus, raja Prancis
3) Rhicard The Lion Heart, raja inggris.
Pada November 1192
terjadilah perjanjian perdamaian yang isinya:
·
Baitul Maqdis tetap di
tangan kaum muslimin tetapi umat Nasrani diberikan kebebasan menziarahinya.
·
Pantai Syam Bari Qur
(Shur) sampai Yaffa berada dalam kekuasaan Salibiyah.
·
Pertentangan agama harus
dilenyapkan dan tanda-tanda salib yang dirampas harus dikembalikan
·
Pasukan Islam yang
ditawan harus dibebaskan dengan mernbayar 200.000 uang mas sebagai tebusan.
Setelah itu Rhicard kembali ke negerinya
dan beberapa bulan kemudian Shalahuddin wafat (19 Februari 1193 ).
- Periode keempat (1204-1206 M)
Angkatan perang salib IV terdiri dari
anak-anak muda Prancis dan Jerman. mereka mempunyai semangat untuk membebaskan
Baitul Magdis. atas bujukan Paus anak-anak di Jerman mengurungkan niatnya
sedangkan yang di Prancis terus saja ke pelabuhan Marseille. Anak-anak Prancis
ini menaiki kapal yang disiapkan oleh Para pedagang budak. Kapal ini tidak
menuju Baitul Magdis, tetapi ke negeri yang jauh dan kemudian dijual sebagai
budak dagangan. Diantara mereka ada yang dijadikan anak angkat orang islam,
lalu di Islamkan.
- Periode kelima (1214-1221 M)
Setelah Shalahuddin wafat wilayahnya
kerajaannya terbagi atas tiga wilayah dan Mesir sebagai pusat pemerintahannya.
Tentara salib memiliki beberapa hasrat untuk menyerang Mesir dengan alasan :
a)
Mesir lebih strategis
secara poltis daripada Baitul Maqdis.
b)
Kerajaan bani Ayyub
setelah wafatnya Shalahuddin menjadi lemah dan berpecah belah.
Untuk itu disusunlah angkatan perang salib
V dibawah pimpinan Jean De Brunne. ditengah-tengah berkecamuknya peperangan
tentara islam menjebol salah satu tanggul sungai Nil sehingga membanjir dan
menggenangi tentara salib. tentara salib merasa ketakutan dan meminta damai
kepada pasukan Islam. setelah itu pulanglah mereka ke negerinya.
- Periode ke enam (1228=1229 M)
Frederick II sebagai raja Jermania dan
raja Italia lama berjanji kepada paus Innocent III untuk melakukan perang salib,
namun tidak direstui oleh paus. ia tetap melaksanakan niatnya dan pada tahun
1228 is berangkat bersama 500 pasukan dan ia sendiri memakai gelar raja Baitul
Maqdis.
Sebagai politikus ia tidak memulai dengan
peperangan melainkan dengan perjanjian. yang isinya :
a)
Selama 10 tahun, Baitul
Maqdis diserahkan kepada Frederick dan hak umat Islam disana tetap diiindungi
b)
Frederick bersedia
membantu Al Kamil bila terjadi penyerangan dari luar maupun dari dalam.
c)
Frederick tidak akan
memberi bantuan kepada kaum Salibiyah di Syam.
Perjanjian itu disepakati dan ia menjadi
raja Baitul Maqdis. namun sial is dimusuhi rakyat Nasrani disana sehingga ia
meninggalkan Baitul Maqdis. Baitul Maqdis tetap ditangan umat nasranai selama 14
tahun. baru pada masa Al Malik as Shaleh Najmuddin Ayyub, baitul Maqdis kembali
kepangkuan umat muslirn (1244M) selain itu al shaleh dapat menguasai Damaskus
dan Aqsallan.
- Periode ketujuh
Louis IX seorang raja terkenal taat
beragama. Setelah mendengar Baitul Maqdis jauth kembali ketangan umat Islam,
Louis menggerakkan orang-orang Prancis untuk membebaskan kembali Baitul Maqdis
dari umat islam. Dibawah pimpinan Tauran syah, Pertahanan pasukan Islam diperkuat sehingga
dapat mendesak tentara salib. Dimyat dikuasai kembali oleh pasukan islam,
tentara salib tewas 30.000 orang dan Louis IX menjadi tawanan perang. Louis IX
Baru dibebaskan setelah ia membayar uang tebusan yang amat mahal.
- Periode kedelapan (1270M)
Angkatan perang salib VIII ini digerakkan
oleh Louis X adik dari Louis IX. Latar belakangnya adalah rasa sakit hati
mendengar kakaknya tertawan musuh, sedangkan pasukan tewas porak-poranda. Louis X berangkat ke
Mesir melalui Tunis. di tunis ia ditimpa penyakit tha'un sampai meninggal. Maka
hasrat untuk menebus malu tidak berhasil. Sejak itu habislah harapan kaum
Salibiyah menguasai Baitul Maqdis. Pada saat itu islam juga dihadapkan masalah besar.
Pengusiran umat islam dari Andalusia (Spanyol dan Portugis) dan hancurnya kota
Bhagdhad akibat serangan tentara Mongol.
D. DAMPAK PERANG SALIB BAGI UMAT ISLAM DAN KRISTEN
1.
Terhadap Dunia Kristen
Walaupun
pihak Kristen menderita kekalahan dalam Perang Salib, namun mereka memperoleh
pelajaran yang berharga dari dunia Islam. Hal ini disebabkan perkenalan mereka
dengan kebudayaan dan peradaban Islam yang sudah maju, bahkan hal tersebut
menjadi salah satu faktor pendukung lahirnyarenaissance di Barat. Mereka mendapatkan
kebudayaan dalam bidang perdagangan, perindustrian, pertanian, pertahanan,
pendidikan dan lain-lain. Kontak perdagangan antara Timur dan barat semakin pesat di mana
kota-kota dagang seperti Venezia, Genoa dan Pisa di Italia berkembang pesat dan
memperoleh banyak keuntungan dalam perdagangannya dengan Timur. Hal ini pula
yang menyebabkan mereka menggunakan mata uang sebagai alat tukar barang,
sebelumnya mereka menggunakan sistem barter.
Dalam
bidang perindustrian, mereka banyak menemukan kain tenun sekaligus peralatannya
di dunia Timur. Untuk itu mereka mengimpor berbagai jenis kain ke Barat. Mereka
juga menemukan berbagai jenis parfum, kemenyan dan getah Arab yang dapat
mengharumkan ruangan. Dalam bidang pertanian, mereka menemukan sistem irigasi yang
praktis. Orang-orang Barat mulai menggunakan cengkeh, lada serta rempah-rempah
untuk digunakan sebagai bumbu masakan. Mereka mulai membiasakan makan jahe dan
menggunakan madu sebagai pemanis makanan.
Dalam
bidang pertahanan (militer), mereka menemukan tehnik berperang yang belum
pernah mereka temui sebelumnya di negerinya, seperti penggunaan rebana dan
gendang untuk memberi semangat kepada pasukan militer di medan perang,
pertarungan senjata dengan menggunakan kuda dan penggunaan burung merpati untuk
kepentingan informasi militer. Bangsa Barat (Eropa) mulai sadar terhadap kemajuan yang
dicapai dunia Timur, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan, sehingga mereka
berdatangan ke Timur untuk belajar dan menggali ilmu, kemudian diajarkan di
negara mereka. Orang Eropa banyak memanfaatkan ilmu pengetahuan dari bangsa
Arab. Mereka menyalin ke dalam bahasanya (Yunani). Upaya tersebut dilanjutkan
dengan mendirikan Universitas di Paris untuk mempelajari bahasa Timur pada abad
XII M. Begitu pula, mendorong mereka dalam memajukan Ilmu Bumi.
Di
sisi lain, hasil dari Perang Salib bagi orang Barat adalah menemuan
kompas. Orang-orang Islamlah yang sudah sejak lama menggunakan kompas untuk
keperluan pelayaran di Teluk Persia dalam rangka kegitan perdagangan. Demikian
pula, ilmu Astronomi yang telah dikembangkan Islam sejak abad kesembilan M.,
telah pula mempengaruhi lahirnya berbagai Observatorium di Barat.
2.
Pengaruhnya Terhadap Dunia Islam
Pengaruh Perang Salib terhadap Islam, adalah lebih
memantapkan dan mengokohkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan umat dalam
membela dan mempertahankan eksistensi agama Islam. Pengaruhnya yang lain adalah
memperkenalkan dunia Islam yang mempunyai kebudayaaan tinggi kepada dunia
Barat. Dari keterangan di atas, dapat diutarakan bahwa pengaruh
langsung atas terjadinya Perang Salib atas dunia Islam adalah mengingatkan
kepada umatnya untuk tetap bersatu padu, menyatukan langkah dan gerak yang
dijiwai oleh ruh Islam, untuk tetap konsisten terhadap ajaran Islam yang
universal.
Dengan adanya peristiwa tersebut, mengingatkan
kepada umat Islam untuk tetap mewaspadai segala gerak, tindakan dalam berbagai
bentuk yang akan mengadu domba dan menghancurkan ukhuwah islamiyah, dengan
melihat ke belakang, membuka lembaran sejarah serta mengambil pelajaran dari
Perang Salib. Dunia, khususnya Barat harus berterima kasih dan mengakui
bahwa sumbangan Islam tidak ternilai harganya, terutama kontribusinya
dalam bidang intelektual dan kultural.
BAB III
KESIMPULAN
Perang Salib ialah perang
yang dilakukan oleh umat Kristen Eropa untuk merebut dan menguasai Bait
al-Maqdis di Yerussalem dari tangan umat Islam. Dinamakan Salib, karena
setiap orang Eropa yang ikut bertempur mengenakan tanda Salib di dada kanan
sebagai bukti kesucian cita-cita mereka. Perang ini berlangsung dari tahun
1095- 1291 M.
Adapun penyebab terjadinya
Perang Salib ada dua, yaitu : sebab tak langsung dan sebab secara langsung.
Penyebab tak langsung ialah sejak wafatnya Rasulullah saw. di mana
daerah-daerah yang dikuasai kaum Nasrani, telah direbut oleh pasukan Islam.
Sedangkan penyebab secara langsung ialah 1) Ditetapkannya pajak yang dirasakan
menyulitkan kaum Nasrani untuk berzirah ke Yerussalem oleh Penguasa Dinasti
Saljuk. 2) Paus Urbanus II beserta Raja-raja Nasrani di Eropa bermaksud
membebaskan Konstantinopel (Bizantium) dari kekuasaan Islam serta mempersatukan
kekuasaan gereja di Roma dan Yunani. 3) Untuk merebut Bait al-Maqdis di
Yerussalem.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Agama RI. Text
Book Sejarah dan Kebudayaan Islam. Jilid
I. Ujung Pandang: Kerja sama Dirjen Binbaga dengan IAIN Alauddin, 1982.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jilid IV. Cet. III; Jakarta: Ichtiar
Baru Van Hoeve, 1997.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Nasiaonal. Ensiklopedi Nasional Indonesia. Cet. I; Jakarta; Cipta Adi Pustaka,
1990.
M. Yahya Harun. 1987. Perang Salib dan Pengaruh Islam di Eropa.
Yogyakarta: CV. Bina Usaha Yogyakarta.
0 komentar:
Post a Comment