BAB I
PENDAHULUAN
Implikasidariditerapkannyastandarkompetensiadalah
proses penilaian yang dilakukanoleh guru harusmenggunakanacuankriteria,
baikpadapenilaian yang bersifatformatifmaupunsumatif. Hal yang
harusdiperhatikandalammenerapkanstandarkompetensidalampenilaianadalahmengembangkanpenilaianotentikberkelanjutan
(continuous authentic assessment)
yang menjaminpencapaiandanpenguasaankompetensi. Penilaianotentikadalah proses
pengumpulaninformasioleh guru tentangpengembangandanpencapaianpembelajaran yang
dilakukansiswamelaluiberbagaiteknik yang mampumengungkapkan, membuktikan,
ataumenunjukkansecaratepatbahwatujuanpembelajarantelahbenar-benardikuasaidandicapai
(Hayat, 2003: 3).
Selanjutnyadalammakalahiniakan
kami bahasmengenai“EvaluasiPembelajaranBahasa Indonesia” yang
secararincidansingkat kami jelaskandenganjelas.
BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
A.
LANGKAH-LANGKAH EVALUASI PEMBELAJARAN
Padahakikatnyaevaluasiadalahsebuah
proses. Olehkarenaitupelaksanaanevaluasipembelajaranmeliputibeberapatahap.
Secaraumumtahapanevaluasipembelajaranterdiriatas 4 tahap, yaitu:
1.
Tahappersiapan
2.
Tahappelaksanaan
3.
Tahappengolahanhasil
4.
Tahaptindaklanjut.
Berikutinipenjelasansingkattentangkeempattahapevaluasipembelajarantersebut,
diantaranyaadalahsebagaiberikut:
1.
TahapPersiapan
MenurutDamaianti
(2007: 8) tahapinidisebutjugatahapperencanaandanperumusankriterium. Langkahnyameliputi:
a)
Perumusantujuanevaluasi
b)
Penetapanaspek-aspek
yang akandievaluasi
c)
Menetapkanmetodedanbentukevaluasi
(tes/nontes)
d)
Merencanakanwaktuevaluasi
e)
Melakukanujicoba
(untuktes) agar dapatmengukurvaliditasdanreliabilitasnya.
2.
TahapPelaksanaan
Tahappelaksanaanataudisebutjugadengantahappengukurandanpengumpulan
data adalahtahapuntukmengumpulkaninformasitentangkeadaanobjekevaluasi (siswa) denganmenggunakantekniktesataunontes.
Bilamenggunakantekniktes, soal yang
digunakansebaiknyasudahterujivaliditasdanreliabilitasnya. Tes yang
digunakandapatberbentuktestulis, lisan, ataupraktik.
3.
TahapPengolahanHasil
Tahappengolahanhasiladalahtahappemeriksaanhasilevaluasidenganmemberikanskor.
Skor yang diperolehsiswaselanjutnyadiubahmenjadinilai.
Padatestulispemeriksaanhasildilakukansetelahtesselesai,
sedangkanpadateslisandanpraktik,
pemberiannilaidilakukanbersamaandenganwaktupelasanaantestersebut.
4.
TahapTindakLanjut
Tahaptindaklanjutataudisebutjugatahappenafsiranadalahtahapuntukmengambilkeputusanberdasarkannilai
yang dihasilkanpadatahappengolahanhasil, misalnya: a. memperbaiki proses
belajarmengajar b. memperbaikikesulitanbelajarsiswa c. memperbaikialatevaluasi
d. membuatlaporanevaluasi (rapor).
B.
RAGAM EVALUASI PEMBELAJARAN
Evaluasipembelajaranbahasadansastra
Indonesia dapatdilakukanmelaluitesmaupunnontes.
1.
Tes
Berdasarkanpelaksanaannya,
tes yang dapatdilaksanakandalampembelajaranbahasadansastra Indonesia
adalahtestulis, teslisan, dantespraktik/perbuatan. Berdasarkankompetensiberbahasa,
tesdapatdibedakanmenjaditeskompetensikebahasaan, keterampilanberbahasa,
dankesastraan. Berikutinicontohragamsoalnya:
a)
SoalMenyimak
Tesmenyimakdiselenggarakandenganmemperdengarkanwacanalisansebagaibahantesdisertaidengantugas
yang harusdilakukanataumenjawabpertanyaan.
b)
SoalBerbicara
Teskemampuanberbicaramenuntutsiswamenunjukkankemampuandanpenguasaannyaterhadapbeberapaaspekdankaidahpenggunaanbahasa
yang diungkapkansecaralisan.
c)
SoalMembaca
Tesmembacadilaksanakandalambentuktesesaidenganpertanyaan
yang dapatdijawabdenganjawabanpanjangdanlengkap. Selainitu, tesmembacadapat
pula disajikandengansoalobjektif, sepertipilihanganda, melengkapi, menjodohkan,
ataubentukgabungan.
d)
SoalMenulis
Tesmenulisdapatberupamenulisbebasataumenulisberdasarkanrambu-rambutertentu.
Namun, sebaiknyauntukmemudahkansiswamengerjakannyadan guru memeriksanya,
bentukmenulisapa pun sebaiknyaadarambu- rambusebagaipetunjuknya.
2.
Nontes
Dalampembelajaranbahasadansastra
Indonesia, proses
evaluasiataupenilaiannontesdapatdiperolehmelaluiberbagaiteknik, yaitu:
a)
Penilaianperformansi
Penilaianperformansidikenaljugadengansebutanpenilaianunjukkerjaatauperbuatan.
Penilaianinidilaksanakanpadasaatatausetelahsiswamelakukankegiatanpembelajaran.
Penilaianperformansimemintasiswauntukmendemonstrasikankemampuannyaberkomunikasidalamberbagaikontekssecaralangsung.
Pengukurannyadapatmenggunakanlembarpengamatan
(observasi) yang berupa format daftarcek, skala rating, ataukotakisian yang
terbagiataskategoriperilaku. Tingkat performansidirinciuntuksetiapkategori.
Misalnya, guru dapatmengisidaftardengansatutandacentang (√) untukperformansi
yang paling rendah, duacentang (√√) untukmenengah, dantigacentang (√√√)
untuktingkattinggi.
TeknikPenilaianPerformansiBeragamteknik
yang dapatdigunakandalampenilaianperformansiini, diantaranyaialah:
1)
Diskusiinteraktif
2)
Bermainperan
3)
Presentasisecaraindividual
4)
Membacalantang
5)
Berdeklamasiataumembacapuisi.
b)
Penilaianproyek
Proyekadalahtugas
yang harusdiselesaikandalamkurunwaktutertentu.
Tugastersebutberupainvestigasidaripengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian,
hinggapenyajian data. Padapraktik di kelas, guru
dapatmenekankanpenilaianproyekpadaprosesnyadanmenggunakannyasebagaisaranauntukmengembangkandanmemonitorketerampilansiswadalammerencanakan,
menyelidiki, danmenganalisisproyek.
Siswadapatmemberikanpengalamandanpengetahuanpadasuatutopik,
membuatpertanyaan, danmenyelidikitopiktersebutmelaluibacaan, wisata,
danwawancara.Penilaiandilakukandenganfokus proses danfokusprodukakhir
1)
Fokus proses
menyajikaninformasitentang:
-
Perencanaandanpengelolaan
-
Bekerjadalamkelompok
-
Bekerjasendiri
-
Pemecahanmasalah.
2)
Fokusprodukakhirmenyajikaninformasitentang:
-
Pengumpulaninformasikhusustentangmateri,
-
Menafsirkandanmengevaluasipenemuan
-
Menyajikanhasil.
c)
Penilaianportofolio.
Portofolioadalahkumpulanhasilkerjasiswa
yang menggambarkanhasilkerja, pemikiran, minat, usaha, dancita-
citasiswadalambidangtertentu. Portofoliomembantusiswamelihatkembalipikiran,
perasaan, hasilkerja, danperkembangandalamkurunwaktutertentu (Harsiati, 2003:
2).
Portofoliomempunyaikaraketristiksebagaiberikutini:
1)
Menggambarkanperkembanganataukemajuansiswadalambidangtertentu
2)
Merupakanbuktiotentikdarikemampuansiswa
3)
Menggambarkankemampuansiswasecarautuh
4)
Menggambarkanrefleksidarisuatutujuanpembelajaran
yang tergambardalamtahapanpengalamansiswadalammencapaitujuan
5)
hasilkerjasamaantarasiswadan
guru
6)
Kumpulan karya
yang dipilihberdasarkankriteriatertentu
7)
Penilaiandirisendiri
8)
Kriteriajelasbagisiswadan
guru.
BAB III
KESIMPULAN
Dari
pembahasanmakalahdiatas, makadapat kami simpulkanbahwaPenilaianotentikadalah
proses pengumpulaninformasioleh guru
tentangpengembangandanpencapaianpembelajaran yang
dilakukansiswamelaluiberbagaiteknik yang mampumengungkapkan, membuktikan,
ataumenunjukkansecaratepatbahwatujuanpembelajarantelahbenar-benardikuasaidandicapai.
Secaraumumtahapanevaluasipembelajaranterdiriatasempattahap,
yaitu:
1. Tahappersiapan
2. Tahappelaksanaan
3. Tahappengolahanhasil
4. Tahaptindaklanjut.
DAFTAR PUSTAKA
Tjierncy, Robert J., dkk. 1991. Portfolio Assessment in The Reading-Writing
Classroom. Norwood: Christopher-Gordon Publisher Inc.
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. PenilaiandalamPengajaranBahasadanSastra.
Yogyakarta: BPFE.
0 komentar:
Post a Comment