BAB I
PENDAHULUAN


Implikasidariditerapkannyastandarkompetensiadalah proses penilaian yang dilakukanoleh guru harusmenggunakanacuankriteria, baikpadapenilaian yang bersifatformatifmaupunsumatif. Hal yang harusdiperhatikandalammenerapkanstandarkompetensidalampenilaianadalahmengembangkanpenilaianotentikberkelanjutan (continuous authentic assessment) yang menjaminpencapaiandanpenguasaankompetensi. Penilaianotentikadalah proses pengumpulaninformasioleh guru tentangpengembangandanpencapaianpembelajaran yang dilakukansiswamelaluiberbagaiteknik yang mampumengungkapkan, membuktikan, ataumenunjukkansecaratepatbahwatujuanpembelajarantelahbenar-benardikuasaidandicapai (Hayat, 2003: 3).
Selanjutnyadalammakalahiniakan kami bahasmengenai“EvaluasiPembelajaranBahasa Indonesia” yang secararincidansingkat kami jelaskandenganjelas.


BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


A.    LANGKAH-LANGKAH EVALUASI PEMBELAJARAN
Padahakikatnyaevaluasiadalahsebuah proses. Olehkarenaitupelaksanaanevaluasipembelajaranmeliputibeberapatahap. Secaraumumtahapanevaluasipembelajaranterdiriatas 4 tahap, yaitu:
1.      Tahappersiapan
2.      Tahappelaksanaan
3.      Tahappengolahanhasil
4.      Tahaptindaklanjut.
Berikutinipenjelasansingkattentangkeempattahapevaluasipembelajarantersebut, diantaranyaadalahsebagaiberikut:
1.      TahapPersiapan
MenurutDamaianti (2007: 8) tahapinidisebutjugatahapperencanaandanperumusankriterium. Langkahnyameliputi:
a)      Perumusantujuanevaluasi
b)      Penetapanaspek-aspek yang akandievaluasi
c)      Menetapkanmetodedanbentukevaluasi (tes/nontes)
d)     Merencanakanwaktuevaluasi
e)      Melakukanujicoba (untuktes) agar dapatmengukurvaliditasdanreliabilitasnya.
2.      TahapPelaksanaan
Tahappelaksanaanataudisebutjugadengantahappengukurandanpengumpulan data adalahtahapuntukmengumpulkaninformasitentangkeadaanobjekevaluasi (siswa) denganmenggunakantekniktesataunontes. Bilamenggunakantekniktes, soal yang digunakansebaiknyasudahterujivaliditasdanreliabilitasnya. Tes yang digunakandapatberbentuktestulis, lisan, ataupraktik. 
3.      TahapPengolahanHasil
Tahappengolahanhasiladalahtahappemeriksaanhasilevaluasidenganmemberikanskor. Skor yang diperolehsiswaselanjutnyadiubahmenjadinilai. Padatestulispemeriksaanhasildilakukansetelahtesselesai, sedangkanpadateslisandanpraktik,  pemberiannilaidilakukanbersamaandenganwaktupelasanaantestersebut. 
4.      TahapTindakLanjut
Tahaptindaklanjutataudisebutjugatahappenafsiranadalahtahapuntukmengambilkeputusanberdasarkannilai yang dihasilkanpadatahappengolahanhasil, misalnya: a. memperbaiki proses belajarmengajar b. memperbaikikesulitanbelajarsiswa c. memperbaikialatevaluasi d. membuatlaporanevaluasi (rapor).


B.     RAGAM EVALUASI PEMBELAJARAN
Evaluasipembelajaranbahasadansastra Indonesia dapatdilakukanmelaluitesmaupunnontes.
1.      Tes
Berdasarkanpelaksanaannya, tes yang dapatdilaksanakandalampembelajaranbahasadansastra Indonesia adalahtestulis, teslisan, dantespraktik/perbuatan. Berdasarkankompetensiberbahasa, tesdapatdibedakanmenjaditeskompetensikebahasaan, keterampilanberbahasa, dankesastraan. Berikutinicontohragamsoalnya:
a)      SoalMenyimak
Tesmenyimakdiselenggarakandenganmemperdengarkanwacanalisansebagaibahantesdisertaidengantugas yang harusdilakukanataumenjawabpertanyaan.
b)      SoalBerbicara
Teskemampuanberbicaramenuntutsiswamenunjukkankemampuandanpenguasaannyaterhadapbeberapaaspekdankaidahpenggunaanbahasa yang diungkapkansecaralisan. 
c)      SoalMembaca
Tesmembacadilaksanakandalambentuktesesaidenganpertanyaan yang dapatdijawabdenganjawabanpanjangdanlengkap. Selainitu, tesmembacadapat pula disajikandengansoalobjektif, sepertipilihanganda, melengkapi, menjodohkan, ataubentukgabungan.
d)     SoalMenulis
Tesmenulisdapatberupamenulisbebasataumenulisberdasarkanrambu-rambutertentu. Namun, sebaiknyauntukmemudahkansiswamengerjakannyadan guru memeriksanya, bentukmenulisapa pun sebaiknyaadarambu- rambusebagaipetunjuknya.
2.      Nontes
Dalampembelajaranbahasadansastra Indonesia, proses evaluasiataupenilaiannontesdapatdiperolehmelaluiberbagaiteknik, yaitu:
a)      Penilaianperformansi
Penilaianperformansidikenaljugadengansebutanpenilaianunjukkerjaatauperbuatan. Penilaianinidilaksanakanpadasaatatausetelahsiswamelakukankegiatanpembelajaran. Penilaianperformansimemintasiswauntukmendemonstrasikankemampuannyaberkomunikasidalamberbagaikontekssecaralangsung.   
Pengukurannyadapatmenggunakanlembarpengamatan (observasi) yang berupa format daftarcek, skala rating, ataukotakisian yang terbagiataskategoriperilaku. Tingkat performansidirinciuntuksetiapkategori. Misalnya, guru dapatmengisidaftardengansatutandacentang (√) untukperformansi yang paling rendah, duacentang (√√) untukmenengah, dantigacentang (√√√) untuktingkattinggi.
TeknikPenilaianPerformansiBeragamteknik yang dapatdigunakandalampenilaianperformansiini, diantaranyaialah:
1)      Diskusiinteraktif
2)      Bermainperan
3)      Presentasisecaraindividual
4)      Membacalantang
5)      Berdeklamasiataumembacapuisi.
b)      Penilaianproyek
Proyekadalahtugas yang harusdiselesaikandalamkurunwaktutertentu. Tugastersebutberupainvestigasidaripengumpulan, pengorganisasian, pengevaluasian, hinggapenyajian data. Padapraktik di kelas, guru dapatmenekankanpenilaianproyekpadaprosesnyadanmenggunakannyasebagaisaranauntukmengembangkandanmemonitorketerampilansiswadalammerencanakan, menyelidiki, danmenganalisisproyek.
Siswadapatmemberikanpengalamandanpengetahuanpadasuatutopik, membuatpertanyaan, danmenyelidikitopiktersebutmelaluibacaan, wisata, danwawancara.Penilaiandilakukandenganfokus proses danfokusprodukakhir
1)      Fokus proses menyajikaninformasitentang:
-          Perencanaandanpengelolaan
-          Bekerjadalamkelompok
-          Bekerjasendiri
-          Pemecahanmasalah.
2)      Fokusprodukakhirmenyajikaninformasitentang:
-          Pengumpulaninformasikhusustentangmateri,
-          Menafsirkandanmengevaluasipenemuan
-          Menyajikanhasil.
c)      Penilaianportofolio.
Portofolioadalahkumpulanhasilkerjasiswa yang menggambarkanhasilkerja, pemikiran, minat, usaha, dancita- citasiswadalambidangtertentu. Portofoliomembantusiswamelihatkembalipikiran, perasaan, hasilkerja, danperkembangandalamkurunwaktutertentu (Harsiati, 2003: 2).
Portofoliomempunyaikaraketristiksebagaiberikutini:
1)      Menggambarkanperkembanganataukemajuansiswadalambidangtertentu
2)      Merupakanbuktiotentikdarikemampuansiswa
3)      Menggambarkankemampuansiswasecarautuh
4)      Menggambarkanrefleksidarisuatutujuanpembelajaran yang tergambardalamtahapanpengalamansiswadalammencapaitujuan
5)      hasilkerjasamaantarasiswadan guru
6)      Kumpulan karya yang dipilihberdasarkankriteriatertentu
7)      Penilaiandirisendiri
8)      Kriteriajelasbagisiswadan guru.



BAB III
KESIMPULAN



Dari pembahasanmakalahdiatas, makadapat kami simpulkanbahwaPenilaianotentikadalah proses pengumpulaninformasioleh guru tentangpengembangandanpencapaianpembelajaran yang dilakukansiswamelaluiberbagaiteknik yang mampumengungkapkan, membuktikan, ataumenunjukkansecaratepatbahwatujuanpembelajarantelahbenar-benardikuasaidandicapai.
Secaraumumtahapanevaluasipembelajaranterdiriatasempattahap, yaitu:
1.      Tahappersiapan
2.      Tahappelaksanaan
3.      Tahappengolahanhasil
4.      Tahaptindaklanjut.



DAFTAR PUSTAKA



Tjierncy, Robert J., dkk. 1991. Portfolio Assessment in The Reading-Writing Classroom. Norwood: Christopher-Gordon Publisher Inc.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. PenilaiandalamPengajaranBahasadanSastra. Yogyakarta: BPFE.

0 komentar:

 
Top