BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Pembelajaran adalah
suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang
terjadi antara guru dan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif
dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk mencapaitujuan
tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar
melakukan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala
sesuatunya guna kepentingan pengajaran.
Harapan yang tidak
pernah sirna dan selalu guru tuntut adalah bagaimana bahan pelajaran yang
disampaikan guru dapat dikuasai anak didik secaratuntas. Ini merupakan masalah
yang cukupsulit yang dirasakan oleh guru. Kesulitan itu dikarenakan anak didik
bukan hanya sebagai individu dengansegala keunikannya, tetapi mereka juga
sebagai makhluk social dengan latar belakang yang berbeda. Paling sedikit ada
tiga aspek yang membedakan anak didik satu dengan yang lainnya, yaitu aspek
intelektual, psikologis, dan biologis.
Ketiga aspek tersebut
diakui sebagai akar permasalahan yang melahirkan bervariasinya sikap dan
tingkah lakuanakdidik disekolah. Halitu pula yang menjadikan berat tugas guru
dalam menglola kelas dengan baik. Keluhan-keluhan guru sering terlontar hanya
karena masalah sukarnya mengelola kelas. Akibat kegagalan guru mengelola
kelas,tujan pengajaran pun sukar untuk dicapai.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
MACAM-MACAM MEDIA
PEMBELAJARAN
A.
MACAM-MACAM MEDIA
PEMBELAJARAN DAN KARAKTERISTIKNYA
Media pembelajaran
merupakan komponen intruksional yang melliputi pesan, orang, dan peralatan.
Menurut syaifulbahri djamarah dan aswan zain,media merupakan wahana penyalur
informasi belajar atau informasi pesan. Dalam perkembangannya media
pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan
teknologi tersebut, media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok
yaitu:
1.
Media hasil teknologi cetak
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan
materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui prosespercetakan
mekanisatau photografis. Kelompok media hasil teknologi cetak antara lain:
teks, grafik, foto atau representasi fotografik.
karakteristik media hasil cetak:
karakteristik media hasil cetak:
a) Teks dibaca secara
linear
b) Menampilkan komonikasi
secarasatu arah dan reseptif
c) Ditampilkan secara
statis atau diam
d) Pengembangannya sangat
tergantung kepada prinsip-prinsip pembahasan
e) Berorientasi atau
berpusat pada siswa.
Pendekatan yang berorientasi pada siswa adalah
pendekatan dalam belajar yang ditekankan pada ciri-ciri dan kebutuhan siswa
secara individual. Sedang lembaga pendidikan dan para pengajar berfungsi dan
berperan sebagai penunjang saja. Sistem pendekatan yang berorientasi pada siswa
ini didesainsedemikian rupa. Sehingga siswa dapat belajardengan sistem yang
luwes yang diarahkan agar siswa dapat membenntuk gaya belajarnya masingmasing.
Dalam hal ini guru dan lembaga berperan sebagai penunjang, fasilitator dan
semangat pada siswa yang sedang belajar.
f) Informasi dapat diatur
atau ditata ulang oleh pemakai
2.
Media hasil teknologi audio-visual
Teknologi audi-visual cara menyampaikan materi dengan
menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan
audio-visual penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan
pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti, mesin proyektor
film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar. Karakteristik:
a) Bersifat linear
b) Menyajikan visual yang
dinamis
c) Digunakan dengan cara
yang telah ditentukan sebelumnya oleh perancang
d) Merupakan representasi
fisik dari gagasan real atau abstrak
e) Dikembangkan menurut
prinsip psikologis behafiorisme dan kognitif
f) Berorientasi pada
guru
Pendekatan yang berorientasi pada guru atau
lembaga adalah sistem pendidikan yang konfensional dimana hampir seluruh
kegiatan pembelajaran dikendalikan penuh oleh para guru dan staf lembaga
penndidikan. Dalam sistemini guru mengkomunikasikan pengethuannya kepada siswa
dalam bentuk pokok bahasan dalam beberapa macam bentuk silabus. Biasanya
pembalajaran berlangsung dan selesai dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan metode
mengajar yang dipakai tidak beragam bentuknya, biasanya menggunakan metode
ceramah dengan pertemuan tatap muka (face
to face).
3.
Media hasil teknologi yang berdasarkan computer
Teknologi berbasis computer merupakan cara menghasilka atau menyampaikanmateri
dengan menggunakan sumber-suber yang berbasis micro-prosesor. Berbagai aplikasi
teknologi berbasiskomputer dalampembelajaran ummumnya dikenalsebagai computer
assisted instruction. Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara penyajiandan tujuan
yang ingin dicapai melipiti tutorial,penyajian materi secara bertahap, drills
end practice latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah
dipelajari sebelumnya, permainan dan simulasi (latihan untuk mengaplikaskan
pengetahian dan keterampilan yang baru dipelajari dari, dan basis data (sumber
yang dapat membantu siswa menambahh informasi dan penegtahuan sesuai dengan
keinginan masing-masing). Karakteristik media hasil teknologi yang berdasarkan
computer:
a) Dapat digunakan secara
acak, non-sekuensial atau secara linear
b) Dapat digunakan sesuai
keinginan siswa atau perancang
c) Gagasan disajikan
dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik
d) Prinsip-prinsip ilmu
kognitif untuk mengembangkan media ini
e) Beroriatasi pada siswa
dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
4.
Media hasil gabungan tenologi cetak dan teknologi computer
Teknologi gabungan adalah cara unntukmenghasilkan dan
menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang
dikendalikan komputer. Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti
jumlah random akses memori yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang
beresolusi tinggi ditambah dengan pararel(alat-alat tambahan), seperti: vidio
disk player, perangkat keras untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem
audio.
a) Dapat digunkan secara
acak, sekuensial, linear
b) Dapat digunakan sesuai
keinginan siswa, bukan saja dengan direncanakan dan diinginkan oleh
perancangnya
c) Gagasan disajikan
secara realistik sesuai dengan pengalaman siswa, menurut apa yang relefan
dengan siswa dan dibawah pengendalian siswa
d) Prinsip ilmu kognitif
dan konstruktifisme ditetapkan dalampengembangan dan penggunaanpelajaran
e) Pembelajaran ditata
dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika
pengetahuan itu digunakan
f) Bahan-bahan pelajaran
melibatkan interaktif siswa
g) Bahan-bahan pelajaran
memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.
Selain pembagian itu
ada lagi pembagian media pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya.
1)
Dilihat dari jenisnya, media terbagi menjadi:
a) Media auditif
Media yang hanyamengandalkan suara saja seperi
radio,kaset rekoorder, peringan hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli
atau mempunyai kelainan pendengaran
b) Media visual
Media yang hanya mengandalkan indera
penglihatan. Media ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip,
slides, foto, gambar atau lukisan, dan cetakan. Ada pula yang menampilkan
gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, dan film kartun.
c) Media audio visual
Media yang mempunyai unsur suara dan unsur
gambar. Jenis media ini mempunya kemampuan yang lebih baik karena meliputi
kedua jenis media yang pertama dan kedua.
Media ini dibagi menjadi beberapa macam, yaitu
sebagai berikut:
1.
Audio visual murni yaitu baik unsur suara maupun unsur gambar
derasal dari satu sumberseperti video kaset
2.
Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya
berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya filmbingkai suara yang unsur
gambarnya berasal dari slides proyektor dan unsur suaranya berasal dari tape
recorder.
2)
Dilihat dari daya liputnya, media terbagi menjadi:
a. Media dengan daya
liput luas dan serentak
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkaujumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan televisi serta internet
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkaujumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan televisi serta internet
b. Media dengan daya
liput terbatas oleh ruang dan tempat
media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film sound slides film rangkai, yang harus menggunakan empat tertutupdan gelap.
media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film sound slides film rangkai, yang harus menggunakan empat tertutupdan gelap.
c. Media untuk
pembelajaran invidual Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri.termasuk
media ini adalh modul berprogram dan pengajaran melalui komputer.
3)
Dilihat dari bahan-bahannya, media terbagi menjadi:
a. Media sederhana
Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan
harganya murah, cara pembuatannya mudah, danpenggunaannya tidak sulit.
b. Media kompleks
Media ini adalah media yang bahan dasarnya
kompleks sulit didapat serta mahal harganya, sulit membuatnya, dan penggunaanya
memerlukan keterampilan yang memadai.
B.KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Meskipun dalam
penggunaannya jenis-jenis teknologi dan media sangat dibutuhkan guru dan siswa
dalam membantu kegiatan pembelajaran, namun secar`umu terdapat beberapa
kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Diantara kelebihan atau kegunaan
media pembelajaran yaitu:
1.
Memperjelas penyajian pesanagar tidak terlalu bersifat
verbalistis( dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
2.
Mengatasi perbatasan ruang, waktu dan daya indera,
seperti:
a. Objek yang terlalu
besar digantikan dengan realitas, gambar, filmbingkai, film atau model
b. Obyek yang kecil
dibantu dengan proyektor micro, film bingkai, film atau gambar
c. Gerak yang terlalu
lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan tame lapse atau high speed
photografi
d. Kejadian atau
peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman
film,video, film bingkai, foto maupun secara verbal
e. Obyek yang terlalu
kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dll
f. Konsep yang terlalu
luas (gunung ber api, gempa bumi, iklim dll) dapat di visualkan dalam bentuk
film,film bingkai, gambar,dll.
3.
Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi
sifat pasif anak didik dapat diatasi. Dalam hal ini media pembelajaran berguna
untuk:
a. Menimbulkan kegairahan
belajar
b. Memungkinkan interaksi
yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan
c. Memungkinkan anak
didik belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing.
4.
Dengan sifat yang unik pada tiapsiswa ditambah lagi dengan
lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi
pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa,maka guru akan mengalami
kesulitan. Semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang guru
dan siswa juga berbeda. Masalah ini juga bisa diatasi dengan media yang berbeda
dengan kemempuan dalam:
a. Memberikan perangsang
yang sama
b. Mempersamakan
pengalaman
c. Menimbulkan persepsi
yang sama.
Ada beberapa kelemahan
sehubungan dengan gerakan pengajaran visual anatar lain terlalu menekankan
bahan-bahan visualnya sendiri dengan tidak menghirukan kegiatan-kegiatan lain
yang berhubungan dengan desain,pengembangan,produksi, evaluasi, dan pengelolaan
bahan-bahan visual. Disamping itu juga bahan visual dipandang sebagai alat
bantu semata bagi guru dalam proses pembelajaran sehingga keterpaduan antara
bahan pelajaran dan alat bantu tersebut diabaikan. kelemahan audio
visual:terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses
pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat Bantu guru
dalam proses pembelajaran. Media yang beoriantsi pada guru sebernarnya
BAB III
KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas,
maka dapat diketahui bahwa macam-macam media pembelajaran jumlahnya sangat
banyak,Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran
dikelompokkan kedalam empat kelompok yaitu:
a.
Media hasil teknologi cetak
b.
Media hasil teknologi audio-visual
c.
Media hasil teknologi yang berdasarkan computer
d.
Media hasil gabungan tenologi cetak dan teknologi computer.
Dilihat dari jenisnya, media terbagi menjadi:
a.
Media auditif
b.
Media visual
c.
Media audio visual:1). Audio visual murni
DAFTAR PUSTAKA
Harjanto.1997,
Perencanaa Pengajaran, Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Nanna
Sudjana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi
Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Bahri
Djamarah dan Aswan Zain, 2006, Strategi
Belajar Mengajar ,Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsad
Azhar, 2008, Media Pembelajaran , Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Fred
Percival dan Henry Ellington, 1998, Teknologi
Pendidikan, Jakarta: Erlangga.
0 komentar:
Post a Comment